Beijing (ANTARA) - Administrasi Luar Angkasa Nasional China (CNSA) pada Kamis (22/2) menyebutkan bahwa roket pengangkut satelit relai Queqiao-2 milik China tiba di Situs Peluncuran Wahana Antariksa Wenchang di Provinsi Hainan, China.

CNSA mengatakan bahwa roket pengangkut Long March-8 Y3 itu akan menjalani perakitan dan pengujian di situs peluncuran tersebut.

Sebagai roket pengangkut generasi baru, Long March-8 menggunakan propelan cair yang ramah lingkungan.

Roket tersebut melakukan penerbangan perdananya pada 2020, mengisi celah dalam kemampuan peluncuran China untuk mengirimkan muatan berbobot 3 hingga 5 ton ke orbit sinkron matahari.

Menurut CNSA, Queqiao-2, yang telah diangkut ke situs peluncuran yang sama awal bulan ini, dijadwalkan akan diluncurkan pada paruh pertama 2024.

CNSA menyebutkan bahwa saat ini fasilitas-fasilitas di situs peluncuran tersebut berada dalam kondisi baik dan upaya persiapan berjalan sesuai rencana.

Queqiao-2, atau Magpie Bridge-2, akan berfungsi sebagai platform relai untuk tahap keempat program eksplorasi Bulan China, yang menyediakan layanan komunikasi untuk misi Chang'e-4, Chang'e-6, Chang'e-7, dan Chang'e-8.

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2024