Rakyate (rakyatnya) jangan mau dibodohi."
Bantul (ANTARA News) - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia (DPP PDI) Perjuangan, Megawati Soekarno Putri, meminta kadernya yang menjadi kepala daerah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah harus bisa mensejahterakan petani.

"Misalnya, Pak Ganjar, yang baru saja terpilih, kalau tidak mensejahterakan kaum taninya lebih dulu, maka tak sembelih kamu, wedi de`e (saya potong kamu, takut dia)," katanya di Kabupaten Bantul, DIY, Minggu.

Dalam pidatonya di acara kedaulatan pangan di Desa Tirtohargo, Kecamatan Kretek, Megawati mengancam akan memberikan teguran keras kepada kader PDI Perjuangan, termasuk Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, apabila dalam memimpin tidak mampu mensejahterakan petani.

Presiden RI periode 2001-2004 itu mengatakan kepada para kepala daerah di DIY dan Jateng, agar kebijakan yang dikeluarkan lebih mengutamakan kesejahteraan para petani di daerah masing-masing.

"Mumpung di sini banyak kepala daerah hadir, saya ingin ingatkan, utamakan kepentingan petani untuk kedaulatan pangan di republik kita ini," ujarnya.

Menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 mendatang, Megawati meminta masyarakat jangan mau dibohongi para calon pemimpin dan calon legislatif yang hanya mementingkan kekuasaan.

Selain itu, ia juga menegaskan, masyarakat juga jangan terperdaya dengan iming-iming uang, karena pembagian uang kepada masyarakat saat kampanye asal-usulnya tidak dapat dipertanggungjawabkan.

"Rakyate (rakyatnya) jangan mau dibodohi. Kalau milih yang serius. Jangan asal pilih yang kasih duit atau sembako, yang tidak punya harga diri dan percaya diri. Kalau orangnya baik, ya dipilih. Kalau tidak baik, jangan dipilih," demikian Megawati Soekarnoputri

Acara yang digelar di lapangan Desa Tirtohargo tersebut juga dirangkai dengan penyerahan bibit kedelai kepada kelompok tani se-DIY yang dilanjutkan dengan penanaman perdana kedelai di bulak lahan pertanian setempat untuk kedaulatan pangan.

Turut hadir dalam acara itu, antara lain Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, Sekjen DPP PDI Perjuangan Tjahyo Kumolo, dan Bupati Bantul Sri Surya Widati.

Pewarta: Heri Sidik
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2013