Sosok kontributor seperti ini yang perlu kita angkat melalui literasi atau dokumen agar kiprah perempuan khususnya di sektor pariwisata dapat menginspirasi para perempuan lainnya
Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sesmenparekraf) Ni Wayan Giri Adnyani mengatakan, perempuan Indonesia memiliki posisi yang mampu menginspirasi perempuan lain di sektor pariwisata.
 
Giri dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu, mengatakan dengan perannya sebagai seorang ibu, istri, dan juga individu yang mandiri, perempuan secara aktif mampu memberikan dampak yang signifikan kepada keluarga, anak-anak, dan juga lingkungan tempatnya berkarya.
 
“Sosok kontributor seperti ini yang perlu kita angkat melalui literasi atau dokumen agar kiprah perempuan khususnya di sektor pariwisata dapat menginspirasi para perempuan lainnya,” katanya.
 
Berdasarkan data yang dihimpun UN Tourism Global and Report on Women in Tourism tahun 2019 menunjukkan bahwa jumlah perempuan yang berkontribusi untuk pariwisata lebih dari 50 persen jika dibandingkan dengan jumlah laki-laki. Hal ini tentu menunjukkan gairah dan semangat para perempuan untuk turut serta dalam pengembangan sektor pariwisata.
 
Dalam agenda tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) juga menyebutkan kaitannya dengan kesetaraan gender, perempuan mendapatkan hak setara untuk bisa berperan aktif mengawal implementasi dan capaian dari semua tujuan dan target di segala bidang. Yang dalam hal ini di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.
 
“Oleh karena itu, diharapkan perempuan Indonesia senantiasa berinovasi, beradaptasi, dalam berkarya. Karena hal tersebut adalah kunci utama dalam mengikuti perkembangan zaman yang semakin modern,” katanya.
 
Direktur Politeknik Pariwisata Lombok Ali Muhtasom, berharap buku “Sosok Perempuan Inspiratif di Destinasi Pariwisata Indonesia 2” dapat memberikan pembelajaran sekaligus inspirasi atas setiap perjuangan dan pencapaian yang telah dilalui para perempuan tangguh Indonesia dalam mengembangkan sektor pariwisata.
 
“Karena setiap kata yang terucap dan setiap pemikiran yang terungkap dapat menginspirasi dan memberikan semangat baru khususnya bagi perempuan untuk terus berjuang dan berkarya," kata Ali.

Baca juga: Kemenparekraf: 54,22 persen pekerja pariwisata adalah perempuan
Baca juga: Sandiaga Uno tekankan peran besar perempuan di sektor pariwisata-ekraf

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024