Beijing (ANTARA) - Diplomat China dan Amerika Serikat membahas ketegangan di Semenanjung Korea menyusul uji coba rudal oleh Korea Utara baru-baru ini, menurut Kementerian Luar Negeri China pada Jumat.

Utusan Khusus China untuk Urusan Semenanjung Korea Liu Xiaoming dan Wakil Utusan Khusus AS untuk Korut Jung Pak mengadakan konferensi video, menurut Kemlu China dalam sebuah rilis pers.

Selama pembicaraan itu, Liu menekankan pentingnya menyelesaikan masalah utama di Semenanjung Korea dan menyelesaikan permasalahan bersama melalui dialog.

Liu menekankan kestabilan akan menguntungkan kawasan itu dan dunia. Dia juga memastikan komitmen China untuk memainkan peran penting dalam upaya resolusi politik atas masalah tersebut.

Sementara itu, Pak mengakui bahwa AS menghargai kontribusi China terhadap masalah ini dan menyatakan keinginannya untuk melanjutkan komunikasi dan kolaborasi guna menghadapi berbagai tantangan di Semenanjung Korea.

Uji coba rudal Korut akhir-akhir ini telah menimbulkan kekhawatiran, tidak hanya di Korea Selatan tetapi juga di Jepang, sekutu penting AS lain di kawasan itu. Sebagai respons, ketiga negara telah mengintensifkan kerja sama militer dan latihan bersama untuk melawan ancaman Korut.

Di saat yang sama, Washington mendesak Beijing untuk menggunakan pengaruhnya untuk memaksa Pyongyang menghentikan program nuklir dan rudal mereka. Beijing menegaskan bahwa sikap tidak saling percaya antara AS dan Korut perlu diselesaikan terlebih dahulu.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Media Korut sebut upaya AS dalam konflik Gaza "air mata buaya"
Baca juga: Jepang-Korsel sepakat bekerja sama pada isu-isu Korut

Penerjemah: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2024