Bandung (ANTARA) - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menegaskan bahwa Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang bertumbuh, akan turut mendorong perekonomian Indonesia.

Untuk itu, kata staf ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting dalam keterangannya yang diterima di Bandung, Sabtu, para pelaku UMKM harus meningkatkan kapasitasnya, antara lain dengan mengikuti pelatihan.

Dia mencontohkan pelatihan yang digagas BUMN PT Peruri mengenai digital marketing khususnya pemanfaatan media sosial untuk UMKM, dan juga pelatihan kewirausahaan bagi penyandang disabilitas dari Yayasan Kreasi Tuli yang bekerjasama dengan Generasi Baru Indonesia (GenBI) Universitas Singaperbangsa Karawang.

"Dalam pelatihan, diharapkan tiap peserta mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh, agar mandiri dan juga bisnis UMKM semakin maju. Karena jika UMKM tumbuh akan turut mendorong perekonomian Indonesia," kata Loto.

Sementara itu, Kepala Biro Strategic Corporate Branding & TJSL PT Peruri Ratih Sukma Pratiwi mengatakan pihaknya rutin menggelar pelatihan bagi UMKM yang diselenggarakan di Rumah BUMN Karawang yang merupakan tempat membangun Digital Economy Ecosystem melalui pembinaan bagi UMKM untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM itu sendiri, di bawah naungan Peruri.

Ratih mengatakan pelatihan UMKM yang diselenggarakan Peruri, rutin dilakukan setiap bulan dengan diikuti oleh UMKM binaan mereka dan pelaku UMKM umum lainnya yang bertujuan untuk menggeliatkan perekonomian yang digerakkan UMKM.

"Kami paham bahwa jantung perekonomian Indonesia itu ada pada UMKM," kata dia.

Ratih menambahkan bahwa acara pelatihan ini mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) nomor 8, yaitu Pekerjaan yang Layak dan Pertumbuhan Ekonomi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, kesempatan kerja yang produktif dan menyeluruh serta pekerjaan yang layak untuk semua.

"Kegiatan yang diselenggarakan di Rumah BUMN Karawang, sebagai bentuk komitmen mendorong UMKM agar terus maju berkembang hingga bisa go global. Ke depannya, kami akan terus menjalankan program pelatihan bagi UMKM secara rutin untuk mendorong peningkatan kapabilitasnya secara berkelanjutan," ucap dia.


Baca juga: Zulhas: UMKM berkontribusi besar bagi perekonomian Indonesia

Baca juga: Erick Thohir: BUMN berkontribusi sepertiga perekonomian Indonesia

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024