Banda Aceh (ANTARA) - Penjabat Wali Kota Banda Aceh Amiruddin meminta Baitul Mal setempat agar dapat meningkatkan target penerimaan zakat pada tahun 2024, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah itu melalui berbagai program pemberdayaan dan pembangunan.

“Potensi zakat kita lumayan besar. Dengan tercapainya target penerimaan zakat, kita akan memiliki lebih banyak sumber daya untuk membantu warga miskin di Banda Aceh," kata Amiruddin di Banda Aceh, Sabtu.

Hal itu disampaikan Amiruddin saat melakukan pertemuan dengan jajaran Baitul Mal Kota Banda Aceh di Pendopo Wali Kota Banda Aceh.

Baca juga: Baitul Mal Aceh Besar salurkan zakat dan infak Rp10,4 miliar

Ia menjelaskan, target penerimaan zakat yang ditetapkan sebesar Rp22 miliar pada 2024. Tahun sebelumnya, penerimaan zakat hanya mencapai Rp15,5 miliar, dari Rp22 miliar yang menjadi target Baitul Mal.

Menurut dia, untuk mencapai tingkat kesejahteraan yang lebih baik bagi masyarakat, maka perlu ada peningkatan yang signifikan dalam penerimaan zakat.

Selama ini, kata dia, dana zakat menjadi salah satu sumber untuk memberikan bantuan kepada warga miskin, sehingga dibutuhkan peran Baitul Mal dan jajaran dalam menyusun program-program terbaik guna mencapai target penerimaan dana zakat.

“Banyak rumah duafa yang bisa dibangun atau direhabilitasi, serta program-program kesejahteraan lainnya yang dapat direalisasikan,” ujarnya.

Baca juga: Baitul Mal salurkan zakat Rp84,3 miliar untuk 37 ribu warga Aceh

Dalam menjalankan tugas, Baitul Mal juga diminta untuk terus berinovasi dan membangun kerja sama dengan seluruh elemen untuk mendukung upaya peningkatan penerimaan zakat.

Sementara itu, Ketua Baitul Mal Banda Aceh Suria Darma mengatakan bahwa dari Rp15,5 miliar zakat yang dikumpulkan pada 2023, pihaknya menyalurkan melalui berbagai program, termasuk membangun dan renovasi rumah bagi warga miskin.

“Selain itu, ada juga program lainnya seperti memberikan bantuan modal usaha bagi warga miskin dan melakukan pendampingan agar usaha yang dibangun sukses,” ujarnya.

Baitul Mal Banda Aceh juga menyalurkan bantuan peralatan usaha yang seperti bantuan mesin jahit, bantuan usaha untuk teknisi handphone, hingga bantuan mesin sepeda motor.

Baca juga: Baitul Mal salurkan zakat senif Rp8 miliar untuk santri di Aceh Jaya

“Selama 2023, Baitul Mal berhasil menyalurkan zakat kepada 11.979 penerima zakat atau mustahik," ujarnya.

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024