Banjir ini mungkin yang paling besar karena memang sebelumnya belum pernah terjadi
Bandarlampung (ANTARA) - Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika meminta agar jajaran pejabat utama hingga polres kewilayahan segera melakukan kegiatan penyaluran bantuan sosial (bansos) ke warga terdampak banjir di Bandarlampung, yang terjadi Sabtu kemarin.

"Kegiatan yang mengarah pada bantuan sosial agar segera disalurkan ke warga terdampak banjir, karena mereka pasti membutuhkannya," kata Kapolda Irjen Pol Helmy, di Bandarlampung, Minggu.

Ia pun mengatakan bahwa Polda Lampung dan segenap jajaran juga telah turut serta dalam melakukan aksi tanggap bencana yang menimpa di provinsi, khususnya daerah yang tertimpa musibah banjir.

"Kami sudah turunkan sejumlah personel guna turut membantu penangan banjir. Kami juga
siapkan posko dan hal lain yang dibutuhkan, masyarakat," kata dia.

Dia pun meminta semua personel terutama yang wilayahnya terdampak banjir agar selalu siap siaga. Kemudian juga melakukan patroli guna memantau perkembangan usai banjir.

"Ini darurat, semua personel harus siaga," kata dia.

Baca juga: Pemkot Bandarlampung data semua rumah rusak akibat banjir
Baca juga: BPBD Bandarlampung kerahkan 82 personel untuk atasi dampak banjir


Sementara itu, Ketua RT 06, Lingkungan 1, Kelurahan Rajabasa, Bandarlampung Sahroni Zakaria mengungkapkan, bahwa saat banjir melanda daerahnya sekitar 65 persen warga diungsikan ke masjid.

"Ada juga warga yang numpang ke rumah tetangga tak terkena banjir. Namun kami pusatkan posko pengungsian di Masjid," kata dia.

Menurutnya, hal yang paling dibutuhkan warga terdampak banjir saat ini adalah makanan dan minuman, pakaian serta vitamin dan obat-obatan, karena banyak dari barang-barang mereka yang ditinggal di rumah.

"Banjir ini mungkin yang paling besar karena memang sebelumnya belum pernah terjadi. Kemungkinan ada yang tersumbat di sungai sehingga air meluap ke permukaan, terlebih hujan lebat datang pada Sabtu dari pas Ashar hingga selepas Isya," kata dia.

Baca juga: Banjir bandang dan tanah longsor kembali terjang Sumbawa
Baca juga: BPBD evakuasi warga terdampak banjir di Lampung Selatan
Baca juga: Damkar Bandarlampung evakuasi bayi 3 bulan dari jebakan banjir

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024