Shanghai (ANTARA) - Pameran lampion di Taman Yuyuan, salah satu warisan budaya takbenda nasional China, menjadi acara budaya yang khas di antara perayaan Cap Go Meh di Shanghai, China timur, sejak 1995.

Tema pameran tahun ini merupakan sekuel dari edisi 2023 "Petualangan Gunung dan Laut", yang terinspirasi dari literatur kuno "Shan Hai Jing" (Klasik Gunung dan Laut).
 
  Lentera untuk Festival Naga dan Lentera diterangi selama upacara peluncuran dan tur pratinjau di Jardin d'Acclimatation di Paris, Prancis, 13 Desember 2023. Festival ini akan dibuka untuk umum mulai 15 Desember 2023 hingga 25 Februari , 2024. (Xinhua/Gao Jing)



 
 
  File foto yang diambil pada tahun 2017 ini menunjukkan pameran lentera Taman Yuyuan selama Tahun Ayam Cina di Shanghai, China timur. (Xinhua)

 
 
  Lentera difoto di Festival Naga dan Lentera selama tur pratinjaunya di Jardin d'Acclimatation di Paris, Prancis, 14 Desember 2023. (Xinhua/Gao Jing)
 


 
 
  Seorang anak laki-laki melihat lentera yang dipajang di Festival Naga dan Lentera selama tur pratinjaunya di Jardin d'Acclimatation di Paris, Prancis, 14 Desember 2023. (Xinhua/Gao Jing)

 
 
Foto dokumentasi yang diabadikan pada 2016 ini menunjukkan pameran lampion Taman Yuyuan saat Tahun Monyet Api di Shanghai, China timur. Sejumlah lampion untuk Festival Naga dan Lampion tampak menyala dalam acara peluncuran dan tur pratinjau di Jardin d'Acclimatation di Paris, Prancis, pada 13 Desember 2023. (Xinhua/Gao Jing)




Tahun 2024 menandai peringatan 60 tahun pembentukan hubungan diplomatik antara China dan Prancis, serta Tahun Kebudayaan dan Pariwisata China-Prancis.

Pertunjukan pameran lampion Taman Yuyuan juga diadakan di Paris, menampilkan keindahan lampion China dan pesona literatur kuno China "Shan Hai Jing (Klasik Gunung dan Laut)".
 
Seorang pria mengunjungi Festival Naga dan Lampion saat acara tur pratinjau di Jardin d'Acclimatation di Paris, Prancis, pada 13 Desember 2023. (Xinhua/Gao Jing)

 
 
Seorang wanita berpose untuk berfoto dengan lampion yang dipamerkan dalam Festival Naga dan Lampion saat acara tur pratinjau di Jardin d'Acclimatation di Paris, Prancis, pada 14 Desember 2023. (Xinhua/Gao Jing)
 


 
 
  Foto yang diambil pada 7 Februari 2024 ini menunjukkan lentera berbentuk naga selama pameran lentera Taman Yuyuan di Shanghai, China timur. (Xinhua/Liu Ying)
     
 
  Masyarakat mengunjungi Festival Naga dan Lentera saat tur pratinjaunya di Jardin d'Acclimatation di Paris, Prancis, pada 13 Desember 2023. Festival ini akan dibuka untuk umum mulai 15 Desember 2023 hingga 25 Februari 2024. (Xinhua /Gao Jing)

 



 

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024