Jakarta (ANTARA) -
Mantan Ketua Umum Partai Golkar Akbar Tandjung menyampaikan apresiasi atas kinerja Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang mampu menambah kursi di parlemen seiring meningkatnya perolehan suara partai itu pada Pemilu 2024.

Akbar yang kini menjadi Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar mengucapkan terima kasih kepada Airlangga atas kinerjanya memimpin partai berlambang pohon beringin itu, khususnya dalam mengarungi pesta demokrasi lima tahunan.

"Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar bersyukur bahwa Airlangga telah berhasil menaikkan perolehan suara dan kursi Partai Golkar," kata Akbar dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Minggu.

Baca juga: Partai Golkar yakin dapat ratusan kursi di Senayan

Menteri Sekretaris Negara era Presiden B.J. Habibie itu menyampaikan ucapan selamat tersebut saat mengunjungi kediaman Airlangga di Jakarta. Akbar berkunjung ke kediaman Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu bersama keluarganya.

Berdasarkan hasil hitung cepat KPU, perolehan suara Golkar pada Pemilu 2024 meningkat tajam dibandingkan perolehan pemilu periode sebelumnya. Partai tersebut diprediksi mampu mengamankan lebih dari 100 kursi DPR RI, naik dibandingkan pemilu sebelumnya yang merebut 85 kursi.

Sementara itu, Airlangga mengatakan perolehan suara dan kursi partainya pada pemilu kali ini menjadi yang terbaik sejak Partai Golkar era kepemimpinan Akbar Tandjung.

Baca juga: Luhut ucapkan selamat atas capaian Golkar dalam Pemilu 2024

Menurutnya, pencapaian Golkar tersebut menjadi lebih istimewa karena ada nama Akbar Tandjung di gedung pemenangan Pemilu 2024.

"Setelah zaman Pak Akbar, ini yang terbaik, karena gedung pemenangan pemilu namanya Pak Akbar Tandjung," kata Airlangga.

Selain dari Akbar Tandjung, dia juga menerima ucapan selamat atas kenaikan suara dan kursi Partai Golkar pada Pemilu 2024 dari Ketua Dewan Penasihat Partai Golkar Luhut Binsar Pandjaitan pada pekan lalu.

Berdasarkan pantauan hasil hitung cepat Pemilu Legislatif 2024 yang ada di laman resmi KPU, Minggu, Partai Golkar berada di peringkat kedua dengan perolehan suara sebesar 15,13 persen. Sedangkan peringkat pertama diisi PDI Perjuangan dengan perolehan suara sebesar 16,57 persen.

Baca juga: Indikator: Suara Golkar dan NasDem naik paling besar dalam Pileg 2024
Baca juga: Golkar sebut faktor efek ekor jas Prabowo bantu tingkatkan suara

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024