Kita akan mengerjakan mitigasi, minimal merehabilitasi saluran air yang terdampak longsor karena saluran air itu merupakan saluran irigasi yang airnya banyak dimanfaatkan oleh masyarakat
Subang (ANTARA) - Penjabat Bupati Subang Imran mengatakan segera merehabilitasi saluran air yang terdampak bencana longsor di Kampung Curugagung, Desa Curugagung, Kecamatan Sagalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

"Longsor yang terjadi di Desa Curugagung, Kecamatan Sagalaherang terjadi akibat tingginya curah hujan yang memicu terganggunya kestabilan tanah," kata Imran, di Subang, Minggu.

Ia mengaku sudah melakukan peninjauan ke lokasi longsor, untuk melihat secara langsung kondisi longsor.

Disebutkan bahwa pihaknya akan mengambil tindakan cepat tanggap terhadap segala potensi bencana yang akan terjadi.

"Kita akan mengerjakan mitigasi, minimal merehabilitasi saluran air yang terdampak longsor karena saluran air itu merupakan saluran irigasi yang airnya banyak dimanfaatkan oleh masyarakat,” katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa rehabilitasi lingkungan dilakukan secepat mungkin mengingat mobilitas masyarakat sebagian besar petani.

“Kami sudah menurunkan petugas untuk membersihkan pohon pohon yang tumbang,” katanya.

Ia menyebutkan bahwa longsor ini akan menjadi tantangan tersendiri bagi petani. Sehingga koordinasi dan kolaborasi dari semua pihak diperlukan cepat dan tepat, untuk memaksimalkan semuanya terutama irigasi. Sehingga tidak terganggu sumber air irigasi bagi persawahan.

Ia mengungkapkan, area pertanian yang bergantung pada saluran air irigasi tersumbat akibat longsor.

"Ada sekitar 300 hektare sawah yang bergantung dengan saluran air yang tersumbat akibat terdampak longsor," katanya.

Ia mengimbau kepada semua masyarakat untuk terus waspada pada saat melakukan aktivitas, mengingat curah hujan tinggi dan cukup ekstrem.

Baca juga: BMKG minta masyarakat tunggu kajian mendalam penyebab longsor Subang

Baca juga: Badan Geologi: Hujan lebat jadi penyebab longsor Subang

Baca juga: Penjabat Gubernur: Dua orang meninggal akibat tanah longsor di Subang

 

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024