Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Jajaran TNI Kodim 1620 Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), melaksanakan program karya bakti dengan membangun fasilitas umum di delapan lokasi secara bertahap, bertingkat dan berlanjut.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya TNI memperkuat infrastruktur lokal dalam membantu pemerintah daerah untuk menyejahterakan masyarakat," kata Dandim 1620 Lombok Tengah Letkol Kav Andi Yusuf Kertanegara di Praya, Senin.

Ia mengatakan kegiatan karya bakti ini dilakukan dengan tujuan utama untuk memberikan manfaat langsung kepada masyarakat serta mendukung pembangunan di berbagai sektor.

Baca juga: TNI bagikan sembako kepada warga di Lombok Tengah

"Kami berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam pembangunan wilayah, dan karya bakti ini menjadi wujud nyata dari komitmen TNI seutuhnya demi kepentingan masyarakat," ujarnya.

Kegiatan karya bakti tersebut selain melibatkan anggota Kodim 1620 Lombok Tengah juga masyarakat setempat yang ada di delapan lokasi. Mereka bekerja sama membangun berbagai fasilitas penting untuk masyarakat seperti pembukaan jalan baru sepanjang 4 kilometer, pembuatan embung dan perbaikan jalan, sarana air bersih, pembangunan TPQ, pembangunan gasebo di pemakaman umum, pemerataan tanah, dan fasilitas umum lainnya.

"Partisipasi aktif dari masyarakat sangat kami apresiasi, karena hal ini menunjukkan semangat gotong royong yang masih kuat di tengah-tengah kita," katanya.

Baca juga: Anggota TNI di Lombok Tengah menggelar donor darah

Selain itu, karya bakti ini juga diikuti oleh instansi terkait dan unsur TNI lainnya, seperti Koramil dan Babinsa, serta mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah setempat.

"Hal ini menunjukkan sinergi yang baik antara TNI dengan berbagai pihak dalam upaya pembangunan wilayah secara merata," katanya.

Pembangunan infrastruktur dan fasilitas publik merupakan salah satu prioritas dalam pembangunan daerah. Dengan adanya fasilitas yang memadai, diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas dan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

Baca juga: TNI perkuat program penanganan stunting di Lombok Tengah

Karya bakti ini merupakan langkah konkret dalam mewujudkan pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan di wilayah Lombok Tengah.

"Semoga dengan adanya upaya seperti ini, dapat tercipta lingkungan yang lebih baik dan sejahtera bagi seluruh masyarakat Lombok Tengah," katanya.

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024