Kalau ada yang beli ayam, kasih sekilo-sekilo ya bu
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan membeli sejumlah beras dan daging ayam di Pasar Klender, Jakarta Timur, lalu dibagikan secara gratis kepada masyarakat yang berdatangan di pasar tersebut.

Hal tersebut dilakukan Zulkifli ketika melakukan peninjauan stok sejumlah komoditas pangan di Pasar Klender menjelang bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri 1445 Hijriah, pada Senin pagi.

Zulkifli awalnya berinteraksi dengan pedagang beras saat memasuki kawasan pasar, lalu berpindah ke penjual ayam potong. Mendag menanyakan harga dari daging yang dijual oleh sang penjual.

Namun di sela-sela interaksi tiba-tiba sang penjual meminta kepada Mendag agar membeli ayam potong yang dijual tersebut. Sontak Zulkifli langsung merespon dengan baik kemudian mengambil uang di saku celana bagian kanan.

Mendag lalu membeli daging ayam potong sebanyak 20 kilogram dan membayar sebanyak Rp700.000. Daging ayam tersebut dijual seharga Rp35.000 per kilogram.

Usai membayar dengan menggunakan uang seratusan, Zulkifli meminta kepada pedagang tersebut agar membagikan daging yang dibeli kepada masyarakat yang melintas dengan masing-masing orang 1 kilogram.

“Kalau ada yang beli ayam, kasih sekilo-sekilo ya bu,” ucap Zulkifli kepada penjual daging ayam sambil meninggalkan pedagang tersebut.

Mendag lalu bergegas ke pedagang beras lainnya yang berada di bagian belakang sudut Pasar Klender. Di titik tersebut, Zulkifli juga membeli beras program stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) sebanyak 20 karung kemasan 5 kg lalu dibagikan ke masyarakat yang melintas di lokasi tersebut.

 

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan membeli beras SPHP di Pasar Klender, Jakarta Timur, lalu dibagikan kepada masyarakat yang berada di kawasan pasar tersebut, Senin (26/2/2024). ANTARA/Harianto
 

Tak hanya itu, Mendag kembali membeli beras SPHP 20 karung di pedagang lainnya. Ia juga meminta kepada pedagang agar membagikan beras tersebut kepada masyarakat yang berbelanja di pasar tersebut.

“Tadi Pak Menteri (Perdagangan) membeli beras sebanyak 20 karung, beras SPHP yang dibeli. Per karung Rp55.000,” kata Rosida salah satu pedagang beras yang dibeli dagangannya oleh Zulkifli.

Rosida mengatakan bahwa usai beras yang dijual dibeli oleh Mendag, masyarakat lalu berlomba-lomba untuk mendapatkan beras gratis dari Zulkifli.

Sementara itu, Linda (45) pedagang ayam potong mengatakan bahwa sangat senang jualannya dibeli oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

“Senang dagangan bisa dibeli Pak Menteri (Perdagangan) tadi, ada 20 kilogram di beli, dibayar Rp700.000. Saya langsung bagikan ke ibu yang nonton, saya kira untuk kru-kru (rombongan Mendag), ternyata disuruh bagikan, banyak yang berlomba-lomba,” kata Linda.

Wawan (48) pedagang beras yang dagangannya dibeli Mendag mengatakan bahwa beras yang dibeli Menteri Perdagangan merupakan beras SPHP.

“Tadi totalnya ada 20 karung yang dibeli, lalu dibagi-bagi ke warga yang melihat kegiatan Pak Menteri (Perdagangan),” kata Wawan.

Baca juga: Bulog pastikan stok beras cukup menghadapi puasa dan Lebaran 1445 H
Baca juga: Bulog tinjau persiapan panen di Blora-Grobogan untuk pasokan pangan


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024