Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Utara menjaga kebersihan seluruh saluran air di wilayah tersebut untuk mengantisipasi terjadinya banjir saat hujan.

"Perencanaan penanganan banjir sudah dilakukan saat musim panas kemarin dan saat ini kami tinggal melakukan eksekusi kegiatan penanganan tersebut," kata Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan Jakarta Utara (Jakut) ini di wilayah pesisir Jakarta, maka fokus yang dilakukan adalah mengelola sistem pompa air dan pintu air dengan baik agar berfungsi maksimal saat hujan.

"Secara rutin menjaga agar saluran tersebut bersih. Ini yang terus kami lakukan agar ketika air datang sistem yang ada berjalan dengan baik," kata dia.

Selain itu dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan yang dilakukan pada Senin juga muncul soal antisipasi terjadinya banjir di daerah setempat.

Baca juga: KPU Jakarta Utara tarik seluruh logistik rusak akibat banjir
Baca juga: BPBD DKI minta masyarakat waspadai rob di 10 lokasi di Jakarta


Pihaknya berupaya menjaring usulan dari masyarakat untuk program pembangunan yang akan dilakukan ke depan.

Ia mengatakan pembukaan Musrenbang tingkat kecamatan ini digelar secara hybrid dan seluruh camat sudah menyampaikan hasil pendataan dan perencanaan masing-masing kelurahan dan kecamatan.

"Hari ini kami lakukan Musrenbang terintegrasi 
antara kecamatan dengan kelurahan. Hari ini sudah kami buka dan tinggal pleno di tingkat masing-masing," kata dia.

Menurut dia, nantinya dilakukan verifikasi dan validasi terkait seluruh usulan tersebut dan bisa menjadi salah satunya program penanganan banjir.

"Hasil Musrenbang ini nantinya masuk ke tingkat kota untuk dirembukkan lagi secara bersama," kata dia.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024