Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Anwar Sanusi mengatakan adanya kualitas layanan publik dilakukan dengan peningkatan kualitas petugas layanan ketenagakerjaan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat secara efektif dan efisien.  

Menurut keterangan yang diterima di Jakarta, Senin, Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi menjelaskan peningkatan kompetensi petugas layanan merupakan salah satu hal signifikan dalam memenuhi kebutuhan pelayanan ketenagakerjaan sesuai perubahan budaya masyarakat, tetapi tetap sejalan aturan perundang-undangan.

"Untuk meningkatkan kualitas dan menjamin penyediaan pelayanan publik, sesuai asas-asas umum pemerintahan yang baik, diperlukan peningkatan kualitas petugas layanan melalui pelatihan, seperti ini," ujar Anwar Sanusi saat membuka Bimbingan Teknis Service Excellence dan Complaint Handling bagi Petugas Layanan di lingkungan Kemnaker Batch II di Jakarta pada hari ini.

Ia berpendapat perubahan budaya masyarakat juga mengakibatkan perubahan ekspektasi mereka dalam kaitan dengan pemenuhan pelayanan publik yang memuaskan.                                                           

"Hal inilah yang harus menjadi perhatian bersama, sehingga kita dapat terus memberikan pelayanan prima," jelas Anwar.

Anwar berharap melalui bimbingan teknis tersebut, petugas layanan yang bertugas di Kemnaker dapat memahami pelayanan dari sudut pandang masyarakat memahami tipe-tipe pengguna layanan dan teknik menghadapinya. Selain itu, diharapkan para petugas juga dapat memahami tahapan serta teknik pelayanan prima di sektor ketenagakerjaan baik di pusat maupun Unit Pelaksana Teknis (UPT).

Bimtek Service Excellence dan Complaint Handling diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari para petugas layanan di Kemnaker pusat dan UPT di berbagai lokasi lain.

Baca juga: Kemnaker fasilitasi peralatan dukung peningkatan kompetensi di Karimun

Baca juga: Kemnaker soroti pentingnya titik temu pencari kerja dan pihak industri

Baca juga: Kemnaker bangun pusat pelatihan pintar untuk perkuat SDM di Batang

 

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024