Jakarta (ANTARA) - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) DKI Jakarta siap membantu meningkatkan tata kelola kearsipan Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta.
 
Kepala Dispusip DKI Jakarta, Firmansyah saat menerima kunjungan jajaran pengurus PMI DKI Jakarta, Senin menyebutkan, sebagai lembaga sosial yang telah resmi melayani masyarakat sejak 1950, tentunya banyak dari arsip PMI yang harus dikelola dengan profesional.
 
"Kami siap memberi dukungan dengan mengelar bimbingan teknis serta pendidikan dan pelatihan (Diklat) untuk meningkatkan kapasitas SDM jajaran PMI DKI Jakarta dalam pengelolaan kearsipan," kata Firmansyah di Jakarta.
 
Selain meningkatkan kualitas layanan, pengelolaan arsip yang baik juga menjadi hal penting mengingat PMI merupakan lembaga mitra pemerintah daerah.
 
"Ini akan menjadi contoh bagi PMI se-Indonesia. Semoga apa yang dilakukan PMI memotivasi organisasi lain," ujar Firmansyah.

Baca juga: PMI buka posko kesehatan di semua wilayah DKI Jakarta
Baca juga: PMI Jakarta Pusat siap antisipasi risiko kedaruratan saat Pemilu 2024
 
Ketua PMI Provinsi DKI Jakarta, Rustam Effendi menjelaskan, pihaknya meminta bantuan Dispusip DKI untuk melakukan pembenahan tata kelola surat menyurat hingga kearsipan di lingkungan lembaga yang dipimpinnya.
 
Pembenahan tersebut meliputi sarana dan prasarana hingga sumber daya manusia (SDM) pelaksana.
 
"Kita minta Dispusip benahi. Kemudian, ke depannya kalau sudah terlatih, kita jadikan PMI DKI percontohan pengelolaan kearsipan seluruh Indonesia," kata Rustam.
 
Selain itu, Rustam mengatakan pihaknya ingin sistem kearsipan PMI DKI Jakarta ke depan sudah mengarah "paperless" dengan sistem kelola digitalisasi.
 
"Kalau kearsipan kita sudah dibenahi dan menjadi percontohan, tentunya ilmu yang didapat akan kita sebarluaskan ke PMI lain se-Indonesia," kata Rustam.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024