"Apa yang disampaikan oleh PKS benar adanya, susunannya seperti itu, diperkuat oleh tabulasi data kita 100 persen. Kami ingin menguatkan data dari PKS,"
Mataram (ANTARA) - Mantan anggota DPRD Nusa Tenggara Barat (NTB) yang kini maju menjadi calon legislatif (Caleg) melalui Partai Nasdem, Mori Hanafi memastikan menjadi anggota DPR RI di daerah pemilihan (Dapil) NTB I Pulau Sumbawa setelah meraih suara terbanyak kedua di Pemilu 2024.

"Apa yang disampaikan oleh PKS benar adanya, susunannya seperti itu, diperkuat oleh tabulasi data kita 100 persen. Kami ingin menguatkan data dari PKS," kata Mori Hanafi saat dikonfirmasi melalui pesan WhattApp di Mataram, Senin.

Berdasarkan data melalui tabulasi data C1 plano hasil 100 persen di Dapil NTB I, meliputi Kabupaten Sumbawa Barat, Sumbawa, Dompu, Kabupaten Bima dan Kota Bima. Untuk posisi pertama diraih Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan jumlah 189.625 suara.

Posisi kedua ditempati oleh Partai Nasdem dengan perolehan 97.039 suara dan di kursi terakhir atau ketiga diperoleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebanyak 96.137 suara.

Sementara Partai Amanat Nasional (PAN) dengan petahana yakni Muhammad Syafruddin terpental dengan perolehan 93.178 suara.

Partai Nasdem mengklaim sudah berada di posisi kedua seminggu sebelum PSU di 25 TPS khusus DPR RI di Kecamatan Parado Kabupaten Bima.

"Makannya kami tidak mengumumkannya karena perhitungan masih berjalan. Adapun perbedaan data secara riil antara PKS dan Nasdem wajar. Namun perbedaan itu sangat tidak signifikan dan tidak merubah posisi kursi," jelas mantan anggota DPRD NTB tiga periode itu.

Menurutnya hasil itu sudah final, termasuk suara PSU 25 TPS di Parado, 1 TPS di Pekat Dompu dan dua TPS di Sumbawa, menurutnya tidak diragukan lagi untuk disampaikan ke publik. Bahkan dirinya sudah menyampaikan laporan hasil tersebut ke Ketua Umum DPP Surya Paloh.

Eks Wakil Ketua DPRD NTB itu berharap proses rekapitulasi KPU secara berjenjang itu bisa dikawal dengan baik.

Pihaknya menyampaikan ucapkan terima kasih secara khusus kepada kolega-nya Ika Rizky Veryani dan Jamaluddin Malik.

Selain itu Mori juga mengucapkan selamat kepada Mahdalena PKB dan Johan Rosihan PKS terkhusus kepada seluruh masyarakat Pulau Sumbawa.

"Semoga kami bertiga bisa berkolaborasi bekerjasama dengan baik dalam rangka memajukan Pulau Sumbawa," ujarnya.

Secara khusus, Ketua Umum PSS NTB itu menyampaikan terima kasih kepada jajaran KPU NTB dan kabupaten/kota, Bawaslu NTB dan kabupaten/kota serta jajarannya.

Adapun program kerja yang menjadi komitmennya adalah memperjuangkan pemekaran Provinsi Pulau Sumbawa. Karena jika menjadi provinsi sendiri pihaknya mengklaim akan lebih baju dari Pulau Lombok.

Selain itu, yang lebih penting kata dia, adalah memperjuangkan infrastruktur, rumah sakit ditingkatkan dan sejumlah kebutuhan lainnya menjadi komitmennya.

Selanjutnya, Ketua Umum KONI NTB itu mempersembahkan kemenangan itu kepada klub-klub olahraga. Karena jalan menuju PON 2028 akan jauh lebih mudah.

"Saya persembahkan kemenangan ini untuk olahraga karena jalan menuju PON 2028 akan jauh lebih mudah," katanya. Sebab kegiatan besar olahraga itu membutuh dana RP6,1 triliun," katanya.

Sementara itu berdasarkan data di laman pemilu2024.kpu.go.id, hingga Senin siang, suara masuk untuk Dapil NTB I Pulau Sumbawa sudah terhitung di 3.220 dari 4.713 tempat pemungutan suara (TPS) atau 68,32 persen.

Dari data itu, peraih suara terbanyak di tempati Mahdalena dari PKB dengan perolehan suara mencapai 88.714. Sedangkan suara partai dan calon sebanyak 101.228.

Di tempat kedua Mori Hanafi dari Partai NasDem dengan perolehan suara sebanyak 40.511. Sedangkan suara partai dan calon sebanyak 57.866.

Sementara di tempat ketiga, yakni Johan Rosihan dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan perolehan suara 39.596. Sementara suara partai dan calon sebanyak 56.580.

Di posisi keempat ada calon legislatif petahana yakni Muhammad Syafrudin memperoleh suara 44.296 suara. Sedangkan suara total partai dan calon 56.519.

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024