Islamabad (ANTARA) - Mantan duta besar Pakistan untuk Norwegia Babar Amin pada Jumat (23/2) mengatakan bahwa Koridor Ekonomi China-Pakistan (CPEC) secara alami sejalan dengan tujuan Organisasi Kerja Sama Shanghai (Shanghai Cooperation Organization/SCO) dalam hal konektivitas regional dan promosi perdagangan.

Hal itu dikatakan Amin saat berbicara dalam sebuah seminar bertajuk "SCO: Prioritas dan Peluang Kebijakan Pakistan" di Islamabad, Jumat (23/2).

Menurut dia, Pakistan dapat bertindak sebagai mitra alami SCO untuk mendorong konektivitas, perdagangan, dan kerja sama ekonomi di kawasan tersebut.

Amin mengatakan Pakistan juga berupaya meningkatkan kerja sama keamanan nontradisional melalui mekanisme Struktur Anti-Teroris Regional di SCO, membina kolaborasi dalam hal pertahanan dan keamanan.

Berbicara pada kesempatan itu, Direktur Jenderal Institut Kajian Strategis Islamabad Sohail Mahmood menggarisbawahi pentingnya SCO sebagai platform transregional.

Mahmood mengatakan organisasi ini terus mengusung Semangat Shanghai yaitu rasa saling percaya, kesetaraan, menghormati keberagaman dan mengejar pembangunan bersama, alih-alih perspektif menang kalah (zero-sum) atau gagasan konfrontasi geopolitik atau benturan peradaban.

Diluncurkan pada 2013, CPEC, sebuah proyek unggulan di bawah Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra yang diusulkan China, adalah sebuah koridor yang menghubungkan pelabuhan Gwadar di Pakistan barat daya dengan Kashgar di Daerah Otonom Uighur Xinjiang di China barat laut, yang menyoroti kerja sama energi, transportasi, dan industri. Pakistan bergabung dengan SCO pada 2017.

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2024