Saya sangat senang bisa datang dan melihat pembangunan di sini
Jayapura (ANTARA) - Dubes Australia untuk Indonesia Penny Williams menyatakan apresiasi-nya atas hasil pembangunan yang dicapai di Papua.

"Saya sangat senang bisa berkunjung ke Papua dan melihat langsung hasil pembangunan di provinsi ini," tutur Dubes Penny menjawab pertanyaan ANTARA seusai bertemu Kapolda Papua di Jayapura, Senin.

Dikatakan, ini memang kunjungan pertama ke Papua dimana ada kerja sama antara pemerintah Australia dengan Indonesia, termasuk di dalamnya Papua.

"Saya sangat senang bisa datang dan melihat pembangunan di sini," kata Dubes Penny Williams dalam bahasa Indonesia yang cukup fasih.

Sementara itu Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius Fakhiri secara terpisah mengakui, sempat mengajak Dubes Penny Williams untuk berkunjung ke wilayah Papua Pegunungan, seperti Wamena untuk melihat pembangunan yang sudah dicapai.

Baca juga: Pemprov dan Dubes Australia bahas program beasiswa mahasiswa Papua

"Bila hanya kami sendiri yang menyatakan maka bisa saja itu tidak benar, tetapi bila sudah berkunjung dan melihat langsung maka bisa membenarkan bila pembangunan yang dilakukan itu hingga ke daerah pegunungan di Tanah Papua," ujar Kapolda.

Apalagi saat akses jalan hampir menghubungkan semua wilayah di Tanah Papua, dan berharap ruas jalan tersebut dapat segera dinikmati masyarakat.

Saat pertemuan itu, kata Kapolda Papua, dirinya sempat meminta agar polisi di Papua diberi kesempatan untuk melihat langsung penanganan kepolisian di Australia.

"Saya berharap polisi yang bertugas di Papua diberi kesempatan melihat polisi Australia dalam bertugas di lapangan," harap Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius Fakhiri.

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024