Jika persiapan pra-konstruksi sudah matang, maka konstruksi segera dimulai. ....
Jakarta (ANTARA) - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) segera memulai penataan lanjutan Kawasan Bakauheni Harbour City (BHC), Lampung Selatan, khususnya di Siger Park pada 2024.

Sekretaris Perusahaan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan, jumlah pengunjung Siger Park pada malam Tahun Baru 2024 mencapai lebih dari 15 ribu orang. Melihat antusias tersebut, ASDP akan menata Siger Park agar menjadi lebih rapih.

"Jika persiapan pra-konstruksi sudah matang, maka konstruksi segera dimulai. Terlebih lagi melihat antusiasme pengunjung pada akhir tahun, ASDP akan mengoptimalkan pembangunan BHC sebagai upaya ASDP untuk menghidupkan perekonomian daerah dan juga meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa pelabuhan," ujar Shelvy melalui keterangan di Jakarta, Selasa.

Baca juga: ASDP layani 45,6 juta penumpang selama 2023

Shelvy menyampaikan, akses jalan Krakatau Park menuju Siger Park dan skywalk sudah dalam proses konstruksi. Sementara, kontraktor untuk penataan landscape Siger Park tahap 1 telah terpilih.

ASDP terus dorong pembangunan dan pengembangan BHC secara bertahap untuk memberikan kenyamanan pada pengunjung.

"Selain penataan ini, ASDP juga sudah melakukan tahap perencanaan untuk Siger Sport, Amphiteather, dan Museum Siger," Shelvy.

Shelvy menyebut, pengembangan BHC sejalan dengan visi perusahaan untuk menjadi yang terdepan dalam menghubungkan masyarakat dan pasar melalui jasa penyeberangan-pelabuhan terintegrasi dan tujuan wisata waterfront.

Diharapkan dengan telah berjalannya proses konstruksi BHC ini dapat memberikan wajah baru untuk pelabuhan yang lebih nyaman dan berkesan untuk pengguna jasa," kata Shelvy.

Pada akhir 2023, sejumlah fasilitas telah dioperasikan, di antaranya Krakatau Park, Masjid BSI, ⁠Selasar Siger, Market Siger, ⁠area parkir krakatau park, dan area parkir Siger Park.

Baca juga: ASDP menargetkan perluasan layanan tiket daring di 10 pelabuhan

Pada momen pergantian tahun tersebut, tercatat kurang lebih 15.739 orang ikut merayakan dan menyambut tahun bersama. Selama periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 ini, juga terdapat 24 UMKM yang ikut meramaikan di Siger Market Mandiri.

Sejak dibuka pada April 2023 hingga Desember 2023, total jumlah pengunjung Krakatau Park mencapai 88.469 orang. Sementara Siger Park tercatat 21.717 unit motor dan 14.452 unit mobil yang berkunjung.

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024