Jakarta (ANTARA) - Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) Ricky Soebagdja mengungkapkan alasan pihaknya menurunkan wakil di sektor ganda campuran saja pada turnamen German Open 2024 yang bergulir pekan ini.

Ricky menilai, hal itu menyusul pertimbangan federasi untuk tiga pasangan ganda campuran Indonesia yang masih perlu mengumpulkan lebih banyak poin lagi agar bisa lolos kualifikasi Olimpiade 2024 Paris mendatang.

“Karena khususnya di ganda campuran, kami sudah berdiskusi sebelumnya dengan pelatih, Koh Herry (IP) untuk bagaimana mengamankan posisi (terutama) Rinov/Pitha ini seperti apa,” kata Ricky saat ditemui di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta Timur, Selasa.

“Jadi, (pertimbangan) menurunkan level (turnamen) tentunya kami berharap meraih poin di situ hingga juara di sana,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: Tiga ganda campuran Indonesia siap berlaga di German Open 2024

Adapun tiga pasangan Indonesia yang turun di turnamen BWF Super 300 tersebut pekan ini adalah Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, dan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja.

Khusus untuk Rinov/Pitha yang merupakan pasangan ganda campuran Indonesia dengan peringkat tertinggi di daftar Race to Olympics, mereka akan diturunkan pula di turnamen BWF Super 300 lainnya, Orleans Masters yang digelar bersamaan dengan All England Open 2024, dengan harapan bisa mendongkrak peringkat mereka dan lolos kualifikasi Olimpiade Paris.

“Nanti kita lihat progresnya hingga dua-tiga event ini sampai ke Orleans. Koh Herry (IP) juga minta berangkat untuk mendampingi Rinov/Pitha, dan semoga sesuai harapan dengan pertandingan-pertandingan yang sudah ditentukan,” ujar Ricky.

Saat ditanya mengenai kondisi mental Rinov yang sempat tidak baik, Ricky mengatakan federasi sudah memberikan penanganan psikologis serta memperkuat hubungan pasangan dengan pelatih.

“Selama Race to Olympic ini ada pendampingan, ada hal-hal apa saja termasuk Rinov ada psikolog masuk di sana. Jadi segala hal untuk setiap pemain, pendampingan ini terus kami jalankan,” kata Ricky.

“Khususnya Rinov (ada) pendampingan ke (setiap) kejuaraan, selama ini Koh Herry (IP) sebagai pelatih utama harus mendampingi dan menambah kepercayaan diri pemain,” ujar peraih medali emas Olimpiade 1996 Atlanta itu menambahkan.

Ricky pun berharap, ketiga wakil Indonesia di German Open yang bergulir 27 Februari hingga 3 Maret nanti bisa memberikan penampilan terbaik dan merebut lebih banyak poin kualifikasi.

“Maka dari itu, kemarin kami kasih tahu betul-betul bahwa perlu kerja keras dan fokus ke pemainnya. Jadi betul-betul harus menjaga kondisi yang baik untuk mengejar poin,” ujar Ricky.

Baca juga: Tim bulu tangkis terbang lebih awal ke Prancis jajal calon tempat TC

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024