Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI bekerja sama dengan Egyptian Red Crescent (ERC) Mesir mengirimkan bantuan kemanusiaan berupa satu truk selimut bagi warga Palestina.

Pelepasan bantuan tersebut diselenggarakan di kawasan Nasr, Kairo, Minggu (25/2). Tutut hadir Ketua Baznas RI Prof KH Noor Achmad MA serta CEO Egyptian Red Crescent (ERC) Mesir Dr Ramy.

"Pengiriman satu truk selimut ini menandai langkah awal serangkaian penyaluran bantuan kemanusiaan Baznas melalui ERC Mesir. Bantuan ini juga merupakan bentuk komitmen kami dalam memberikan bantuan mendesak bagi warga Palestina yang sedang menghadapi musim dingin," ujar Ketua Baznas RI Noor Achmad dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Baca juga: BAZNAS-KBRI pasok kebutuhan dapur umum Palestina di perbatasan Rafah

Dalam waktu dekat, kata Noor, Baznas bersama ERC juga akan mengirimkan berbagai bantuan berupa makanan pokok, beras, kurma, gula, hingga pakaian anak-anak.

Selain itu, sambungnya, Baznas juga akan memberikan dukungan khusus untuk kebutuhan dapur umum di Khan Younis, Palestina. Ini mencakup upaya menyediakan bahan makanan dan kebutuhan dasar lainnya untuk memastikan bahwa kebutuhan makanan warga Palestina terpenuhi.

"Untuk bulan Ramadhan mendatang, Baznas juga akan mengadakan iftar jamai (buka puasa bersama) di kamp pengungsi. Mudah-mudahan apa yang kita upayakan bersama ini dapat meringankan beban saudara-saudara kita di sana," ujarnya.

Noor mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Indonesia, Baznas provinsi/kota/kabupaten, LAZ, UPZ, Majelis Ulama Indonesia, organisasi masyarakat, komunitas, mitra perusahaan, mitra platform digital, lembaga kemanusiaan, organisasi profesi, kampus, sekolah, dan komunitas lainnya, yang telah mempercayakan infaknya melalui Baznas RI.

Sementara itu, CEO ERC Mesir Dr Ramy menyampaikan apresiasi kepada Baznas serta seluruh masyarakat Indonesia yang tiada hentinya memberikan solidaritas dan bantuan bagi Palestina.

Baca juga: Baznas kembali kirim 14 kontainer bantuan untuk Palestina via Mesir

Baca juga: Baznas targetkan penyaluran bantuan untuk Palestina Rp250 miliar


"Kami percaya bahwa kerja sama penyaluran bantuan ini dapat membantu meredakan penderitaan masyarakat Palestina. Semoga upaya ini membawa berkah dan harapan bagi saudara-saudara kita di sana," ucapnya.

Pada kesempatan tersebut, Ramy berharap adanya pengiriman 500 tenda dari Indonesia yang telah disesuaikan dengan spesifikasi, dimana setiap tenda dapat menampung hingga lima keluarga. Hal ini diharapkan dapat memberikan perlindungan dan kenyamanan bagi keluarga-keluarga yang mengalami kesulitan di Palestina.

Pewarta: Sean Muhamad
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024