Jakarta (ANTARA) - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengungkapkan kampus dari Inggris tertarik untuk masuk ke sektor pendidikan di Nusantara, Kalimantan Timur.

"Kampus internasional lain cukup banyak, Akan ada universitas dari Inggris yang menyampaikan LOI," ujar Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono dalam diskusi daring di Jakarta, Selasa.

Agung menambahkan, kampus dari Inggris tersebut sudah sudah menyampaikan LOI dan akan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU).

"Saya belum sampaikan sekarang, tapi dari Amerika Serikat sudah dan Inggris serta nanti juga akan banyak lagi universitas-universitas lain yang memang targetnya pendidikan ini menjadi sektor ke depan," katanya.

Dalam kesempatan sama, Juru Bicara OIKN Troy Pantouw mengatakan bahwa Australia pun tertarik untuk masuk ke dalam dunia pendidikan di Nusantara, Kalimantan Timur.

"Bahkan tadi dalam acara dengan pihak pemerintah Australia di Kedutaan Besar Australia untuk Indonesia, dan juga akan masuk salah satunya ke dunia pendidikan di IKN," kata Troy.

Sebagai informasi, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 63 Tahun 2022 tentang Perincian Rencana Induk Ibu Kotab Nusantara menyatakan bahwa Pembangunan lbu Kota Nusantara diarahkan untuk mendukung perwujudan tujuan nasional dalam berbangsa dan bernegara sebagaimana tercantum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 yakni mendukung perwujudan Visi Indonesia 2045, yaitu Berdaulat, Maju, Adil, dan Makmur, serta cita-cita bangsa Indonesia untuk menjadi negara berpendapatan tinggi sehingga mampu menjadi bagian dari lima besar kekuatan ekonomi dunia pada tahun 2045.

Visi Indonesia Tahun 2045 dibangun dengan empat pilar yang mempertimbangkan megatren global hingga tahun 2045. Keempat pilar untuk mencapai Visi Indonesia 2045 tersebut adalah: (1) Pembangunan Manusia dan Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi; (2) Pembangunan Ekonomi yang Berkelanjutan; (3) Pemerataan Pembangunan; (4) Pemantapan Ketahanan Nasional dan Tata Kelola Pemerintahan.

Pilar Pembangunan Indonesia 2045 menjadi dasar pengembangan Ibu Kota Nusantara yang diharapkan dapat menjadi standar pengembangan kawasan masa depan sebagai bagian dari impian Indonesia 2045 yakni (1) Sumber daya manusia Indonesia yang kecerdasannya mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia; (2) Masyarakat Indonesia yang menjunjung tinggi pluralisme, berbudaya, religius, dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika; (3) Indonesia menjadi pusat pendidikan, teknologi, dan peradaban dunia; (4) Masyarakat dan aparatur Pemerintah yang bebas dari perilaku korupsi; (5) Pembangunan infrastruktur yang merata di seluruh Indonesia; (6) Indonesia menjadi negara yang mandiri dan negara yang paling berpengaruh di Asia Pasifik; dan (7) Indonesia menjadi barometer pertumbuhan ekonomi dunia.

Baca juga: OIKN: NIU Amerika Serikat tertarik bangun kampus pascasarjana di IKN

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024