Kami melakukan langkah konkret implementasi percepatan NZE melalui RUPTL paling hijau, dekarbonisasi pembangkit listrik berbahan bakar fosil dan pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT)
Surabaya (ANTARA) - General Manager PT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur, Agus Kuswardoyo memaparkan strategi percepatan Net Zero Emission (NZE) pada 2060 di wilayah setempat.

"Kami melakukan langkah konkret implementasi percepatan NZE melalui RUPTL paling hijau, dekarbonisasi pembangkit listrik berbahan bakar fosil dan pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT)," kata Agus Kuswardoyo dalam "Roadshow Just Energy Transition" di Surabaya, Selasa.

Melalui skenario percepatan ini, PLN menargetkan penambahan EBT sebesar 75 persen dan meningkat 3,5 kali lipat pada tahun 2030.

Tak hanya itu, PLN juga melakukan captive grid di Jawa Timur untuk sektor makanan dan minuman, manufaktur, pulp dan kertas serta petrokimia. Potensi dari berbagai sektor yang bisa kita genjot untuk penggunaan energi hijau ini sekitar 240 MW.

"Tidak berjalan sendiri, PLN menggandeng IPP untuk pengembangan EBT di Jawa Timur yang kita susun roadmap-nya hingga 2040. Untuk Jawa Timur kami berfokus pada upgrade kapasitas pembangkit di 32 lokasi hingga tahun 2027, penggantian baterai menjadi lithium ion di 22 lokasi dan dedieselisasi Hybrid PLTS di 10 lokasi kepulauan," kata Agus.

Sementara itu untuk mencapai transisi energi yang berkeadilan, Agus menambahkan tata kelola perusahaan yang baik dan berkelanjutan serta dampak sosial harus turut diperhatikan.

"Keterlibatan swasta dalam pengembangan infrastruktur ketenagalistrikan yang hijau dan dampaknya terhadap perkembangan ekonomi daerah juga perlu turut dipertimbangkan. Saat ini, PLN merencanakan 51,5 persen pembangkit merupakan EBT dan 64,8 persen porsinya dikembangkan swasta," ujar Agus.

Di Jawa Timur kondisi kelistrikan terkoneksi dengan Jawa Bali, daya mampu sebesar 9.999 MW dengan beban puncak sebesar 6.502 MW dan cadangan daya 2.259 MW.

Turut berkontribusi energi bersih di Jawa Timur sebanyak 23 pembangkit listrik tenaga air, pembangkit listrik tenaga surya, pembangkit listrik tenaga sampah, dan pembangkit listrik tenaga minihidro.

Dalam kesempatan yang sama, Perwakilan Just Energy Transition Partnership Indonesia (JETPI), Adhityani Putri menyatakan kesiapan sinergi erat bersama PLN melalui pendanaan global untuk mengakselerasi proyek transisi energi.

"Mengapa proses transisi energi itu harus berkeadilan karena mempertimbangkan kehidupan dan penghidupan masyarakat terdampak di setiap tingkat perjalanan transisi energi sehingga tidak ada satu pun yang tertinggal," katanya.

Baca juga: PLN Jatim sambung 24,74 MVA pelanggan bisnis dan industri di awal 2024

Baca juga: PLN mencatat penjualan tenaga listrik 41,8 GWh di Jawa Timur

Baca juga: PLN Jatim nyalakan 19.500 sambungan listrik warga tidak mampu

 

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024