Alhamdulillah, berkat kolaborasi kita semua, persiapannya sudah mencapai 90 persen
Banda Aceh, Aceh (ANTARA) - Ajang Sabang Marine Festival 2024 (SMF24) pada 1-3 Maret 2024 melibatkan banyak pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), pelaku seni, hingga komunitas adat dan lingkungan sebagai upaya mempromosikan potensi wisata bahari dan seni budaya di Pulau Weh, Provinsi Aceh, tersebut.

"Alhamdulillah, berkat kolaborasi kita semua, persiapannya sudah mencapai 90 persen. Banyak orang yang terlibat dalam menyukseskan SMF24, ada pelaku seni, pelaku usaha wisata, komunitas adat dan lingkungan serta pihak pendukung acara lainnya," kata Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi di Kota Sabang, Aceh, Selasa.

Ia menjelaskan persiapan perhelatan bahari terbesar di Aceh itu kian matang. Pihaknya mengangkat tema "Aceh's Most Treasured Cultural Maritime Experience", yang dikemas dengan menggambarkan aktivitas bahari, serta diperkuat dengan konsep ragam budaya di Kota Sabang.

Menurut dia, ada beragam perlombaan pada ajang itu seperti lomba pacu jaloe dan eksibisi perahu naga di Gampong Aneuk Laot, fishing tournament di Gampong Ie Meulee, kejuaraan renang pesisir, dan festival jajanan kongsi di Kuta Barat.

Selanjutnya, festival geulayang tunang di Kuta Timu, khanduri adat meulaot dan tiek jeu di Anoi Itam, peluncuran rumah nemo serta coral dan coastal clean up di Teupin Ciriek.

Menurut dia, ajang ini menjadi salah satu strategi yang efektif untuk mempromosikan destinasi wisata, melestarikan nilai-nilai tradisi budaya, sarana edukasi bagi masyarakat, meningkatkan ekonomi masyarakat, serta menjadi wadah kreatifitas bagi pelaku seni untuk menyalurkan bakatnya.

"Tentunya, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sabang adalah dengan penyelenggaraan event. SMF diharapkan akan memberikan dampak positif bagi masyarakat Sabang, pelaku UMKM, seniman, pelaku industri pariwisata dan pihak-pihak lainnya," ujarnya.

SMF24 juga melakukan berkolaborasi dengan Indonesia Yacht Rally, yang akan dihadiri komunitas yachter dari berbagai negara dan melintasi Teluk Sabang saat penyelenggaraan festival.

Selain itu, lanjut dia, pada ajang SMF24 juga dimeriahkan dengan balap sepeda Tour De Sabang. Ada 121 pesepeda dari berbagai provinsi di Indonesia akan melintasi arena SMF 2024, yang merupakan bagian dari 31,9 kilometer jalur balap sepeda bergengsi.

"Kolaborasi SMF dan Tour De Sabang ini juga merupakan salah satu bagian dari upaya kita dalam persiapan menuju PON 2024," ujarnya.

Baca juga: Sabang promosi potensi wisata lewat Tour De Sabang 2024
Baca juga: Sabang gencar bikin agenda pariwisata guna tingkatkan kunjungan turis
Baca juga: Pemkot Sabang bikin wisatawan nyaman ke Pulau Weh pada libur panjang

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024