Kemendag juga menyediakan fasilitas-fasilitas yang diharapkan dapat membantu pelaku usaha agromaritim untuk masuk di pasar ekspor.
Kota Bogor (ANTARA) - Kementerian Perdagangan (Kemendag) berkomitmen untuk terus mendukung kinerja ekspor produk agromaritim Indonesia, kata Kepala Badan Kebijakan Perdagangan (BK Perdag) Kemendag RI Kasan.

Dalam kegiatan Agromaritim Outlook 2024 yang digelar Himpunan Alumni (HA) Institut Pertanian Bogor (IPB) University, di Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa, Kasan saat menyampaikan keynote speech dari Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menyebut ada beberapa strategi yang dilakukan Kemendag bagi para eksportir produk agromaritim Indinesia.

“Beberapa strategi yang dilakukan adalah dukungan fasilitasi maupun sertifikasi dan desain produk, promosi, misi dagang, pendampingan, dan mendukung pemasaran bagi para eksportir produk agromaritim,” kata Kasan.

Ia menyebut, Kemendag juga menyediakan fasilitas-fasilitas yang diharapkan dapat membantu pelaku usaha agromaritim untuk masuk di pasar ekspor.

“Selain itu, tentu ujung tombak Kemendag di luar negeri yaitu perwakilan perdagangan di luar negeri, yang ada di seluruh benua negara siap untuk meningkatkan perdagangan dan ekspor produk maritim maupun agro Indonesia,” ujarnya pula.

Di samping itu, kata Kasan, kerja sama program yang ada diharapkan dapat meningkat dan menjembatani kesempatan dagang serta memperluas pasar-pasar produk agromaritim di Indonesia.

“Dengan seluruh kapasitas tersebut kami berharap ekspansi perdagangan produk agromaritim ke pasar di kawasan Asia Selatan, Timur Tengah, Afrika, Eurasia Union, dan Amerika Latin dapat menjadi sumber pertumbuhan ekspor baru bagi Indonesia,” ujar dia.
Baca juga: Kemendag apresiasi HA IPB gelar Agromaritim Outlook 2024

Pewarta: Shabrina Zakaria
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024