Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI bekerja sama dengan lembaga filantropi asal Mesir, Bayt Zakat, menyalurkan dana dari masyarakat Indonesia sebesar 500 ribu Dolar AS atau setara Rp7.827.850.000.

Dana tersebut direncanakan untuk pembelian lima unit ambulans dan logistik yang akan dikirim ke Palestina, melalui perjanjian kerja sama yang ditandatangani oleh Ketua BAZNAS RI Noor Achmad bersama Musytasyar Grand Syaikh Al-Azhar untuk Bayt Zakat Sahr Nasr.

"Kerja sama ini bertujuan untuk memaksimalkan upaya kami dalam menanggapi kebutuhan penting dan mendesak bagi rakyat Palestina, memastikan bahwa bantuan kami sampai kepada mereka yang paling membutuhkannya," kata Noor melalui keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Noor mengatakan penandatanganan kerja sama bukan hanya sekadar kemitraan, tetapi juga janji untuk bersama-sama membantu meringankan penderitaan rakyat Palestina.

Bantuan kemanusiaan tersebut, kata dia, akan dikirim menggunakan 30 unit truk, yang secara simbolis diawali dengan pelepasan dua truk bantuan.

Baca juga: BAZNAS bersama ERC Mesir kirim bantuan selimut untuk warga Palestina

Baca juga: BAZNAS-KBRI pasok kebutuhan dapur umum Palestina di perbatasan Rafah


"Momen ini mencerminkan semangat solidaritas dan kepedulian yang menjadi inti dari misi BAZNAS memberikan bantuan kepada yang membutuhkan. Ini mencerminkan komitmen kami meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Palestina," ujarnya.

Sementara itu, Sahr Nasr mengucapkan apresiasi dan terima kasih yang tulus kepada semua, terutama BAZNAS RI yang telah berkontribusi untuk membuat usaha penyaluran bantuan kemanusiaan menjadi kenyataan.

"Dukungan dan komitmen anda yang tak kenal lelah telah membuat kami dapat memperluas jangkauan dan memberikan dampak positif bagi kehidupan banyak individu dan komunitas di Palestina," katanya.

"Saat kita menyaksikan keberangkatan truk-truk ini membawa harapan dan bantuan, mari kita tetap teguh dalam komitmen kita untuk melanjutkan perjuangan mulia ini. Mari kita tetap kokoh dalam komitmen kita untuk melayani umat manusia dan menyebarkan kasih sayang dan kebaikan ke seluruh penjuru dunia," tuturnya.

Baca juga: Baznas kembali kirim 14 kontainer bantuan untuk Palestina via Mesir

Pewarta: Sean Muhamad
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024