Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu melatih warga di Pulau Tidung membuat konten di media sosial untuk membantu pemerintah setempat mempromosikan pariwisata daerah secara daring.

Kepala Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Sudin Nakertransgi) Kepulauan Seribu, Zahrul Wildan di Jakarta, Selasa, mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk menciptakan pembuat konten kreatif untuk mempromosikan sektor pariwisata Pulau Tidung.

Pelatihan ini digelar di RPTRA Tidung Ceria, Kelurahan Pulau Tidung, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, pada 26 Februari hingga 1 Maret 2024.

"Kami melatih 15 warga Pulau Tidung agar memiliki kemampuan dalam memproduksi konten di media sosial," kata dia.

Ia mengatakan materi pelatihan pembuatan konten itu di antaranya pengenalan aplikasi media sosial dan pembuatan akun media sosial.

Baca juga: Baznas DKI berikan 24.000 benih ikan kepada kelompok tani Pulau Tidung
Baca juga: Pemkab Kepulauan Seribu benahi objek wisata di Pulau Tidung


Kemudian pengambilan gambar (spot) yang menarik seperti ikon jembatan cinta, pengeditan (editing) video hingga mengunggah ke media sosial. "Pelatihan ini akan dilakukan ke pulau lain, berkolaborasi dengan Baznas-Bazis DKI Jakarta," kata dia.

Sementara itu, Koordinator Baznas-Bazis Kepulauan Seribu, Ridwan Malik mengatakan, pihaknya selalu mendukung kegiatan yang memberdayakan ekonomi masyarakat, termasuk acara seperti ini.

"Pelatihan ini dapat meningkatkan sumber daya manusia di Pulau Tidung agar lebih kreatif mengelola media sosial," katanya.

Salah satu peserta pelatihan tersebut, Ahmad (28) menyambut baik adanya pelatihan dari Sudin Nakertransgi Kepulauan Seribu sehingga menambah pengetahuan mengenai cara membuat konten yang baik.

"Kami berharap melalui pelatihan dapat membantu mempromosikan pariwisata Pulau Tidung sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan yang datang," kata dia.
Baca juga: Kepulauan Seribu panen 75 kg cabai dan terong di Pulau Tidung Kecil
 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024