Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat menyiapkan integrasi Kawasan Pancoran, Glodok, Taman Sari atau Chinatown dengan Kota Tua.

Persiapan integrasi tersebut menyusul pembangunan Moda Raya Terpadu (MRT) di depan gerbang Chinatown yang diikuti pembangunan trotoar menuju Kota Tua.

"Nah, nanti kan dengan pembangunan MRT akan dibangun juga trotoar yang di depannya, jadi bisa menyatu sama kota tua. Itu makanya Glodok (Chinatown) disiapkan," kata Kepala Suku Badan Perencanaan Pembangunan Kota Jakarta Barat, Achmad Ichsan Tasik saat ditemui di Jakarta pada Selasa.

Achmad mengatakan bahwa persiapan tersebut dilakukan dengan menata sejumlah titik di kawasan Chinatown.

Baca juga: Begini rekayasa lalu lintas sekitar tempat wisata di Jakarta

Kawasan Glodok mulai ditata tahun 2022 sampai 2024 dengan pengerukan saluran tengah, trotoar sekitarnya, saluran Jalan Gloria perbaiki. Lalu jalan ke arah parkiran Gloria
​​​​​diperkeras.

"Kemudian, UMKM-nya itu, pedagang-pedagang itu kita geser ke kanan supaya bisa masuk parkirannya," kata Achmad.

Menurut Achmad, parkiran di bagian belakang Jalan Gloria akan dibangun parkiran bertingkat oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

"Sudah mempunyai desainnya. Tinggal menggelontorkan anggarannya. Nah itu perlu pembahasan lagi nanti. Apakah pakai APBD atau CSR," kata Achmad.

Baca juga: Ribuan pasang kaki menyambut embun baru di lorong sejarah

Untuk pembangunan parkiran tersebut, kata Achmad, sempat digelontorkan dana sekitar lima miliar rupiah, namun dibatalkan karena alasan efisiensi.

"Kemarin itu sempat sudah digelontorkan anggarannya kurang lebih lima miliar rupiah. Nah, itu kemarin kena efisiensi. Jadi, itu mati," katanya.

Kelanjutannya mungkin ​​​​​​​akan dicarikan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) atau lainnya. "Tapi jelas itu akan dibangun (parkiran bertingkat)," kata Achmad.

Menurut Achmad, penataan di Chinatown juga berupa pengadaan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) beserta tiang-tiangnya, lampu-lampu tematik, pemagaran saluran tengah, penambahan kantong parkir, perbaikan jembatan penyeberangan dan lainnya.

"Jadi, kalau orang mau ke tempat wisata Kota Tua, salah satunya ada Glodok-Pancoran atau Chinatown. Dan itu langsung, karena kan satu jalur, menyatu nanti," kata Achmad.

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024