Jakarta (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI melaporkan, dua rukun tetangga (RT) dan lima ruas jalan di Jakarta, banjir hingga pukul 11.00 WIB, Rabu.

"Kami mencatat, saat ini terdapat lima ruas jalan banjir dan dua RT dari 30.772 RT yang ada di wilayah DKI Jakarta," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji kepada wartawan, di Jakarta. 

Isnawa menjelaskan, banjir dua RT di Kelurahan Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat dengan ketinggian 30 sentimeter (cm) ini penyebabnya curah hujan tinggi.

Sedangkan, banjir di lima ruas jalan yakni Jalan Muara Baru (depan pintu masuk Pelabuhan Nizam Zaman), Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara dengan ketinggian 15 cm.

Kemudian, Gang Elektro, Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara dengan ketinggian 30 cm dan Jalan PT Koja RW 017, Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara dengan ketinggian 15 cm.

Baca juga: BPBD DKI minta masyarakat waspadai rob di sembilan lokasi Jakarta

Lalu, Gang Waringin RW 017, Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara dengan ketinggian 15 cm dan Jembatan Hitam, Kelurahan Sunter Agung. Kecamatan Tanjung Priok Jakarta Utara dengan ketinggian 10 cm.

Ketiga jalan yang sudah surut dari banjir yakni Jalan Muara Baru (depan Apartemen Pluit Sea View) , Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Jalan Muara Baru (Gang Marlina), Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

Lalu, Jalan Gedong Panjang (pintu keluar tol) , Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI, Dinas Bina Marga DKI, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI.

BPBD DKI telah memetakan 25 kelurahan rawan banjir di Jakarta dengan rincian sebagai berikut:

Baca juga: Heru sebut normalisasi kali Ciliwung tetap dilanjutkan secara bertahap

• Jakarta Barat berlokasi di Rawa Buaya, Tegal Alur, Kedoya Selatan, Kedoya Utara dan Kembangan Utara (lima kelurahan);

• Jakarta Selatan berlokasi di Cipete Utara, Petogogan, Cipulir, Pondok Pinang, Ulujami, Pondok Labu, Bangka, Pejaten Timur dan Jati Padang (sembilan kelurahan);

• Jakarta Timur berlokasi di Bidara Cina, Kampung Melayu, Cawang, Cililitan, Cipinang Melayu, Kebon Pala, Makasar dan Rambutan (delapan kelurahan);

• Jakarta Utara berlokasi di Pademangan Barat, Pluit dan Rorotan (tiga kelurahan).

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024