Jakarta (ANTARA) - Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memaparkan rencana membentuk pangkalan udara (lanud) TNI AU, pasukan marinir (pasmar) TNI AL, komando daerah militer (kodam) khusus, serta dua batalyon baru TNI AD di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dalam Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri Tahun 2024 di Markas Besar (Mabes) TNI, Cilangkap, Jakarta, Rabu, Agus menjelaskan pembentukan markas-markas baru TNI dari tiga matra itu terkait dengan tata kelola organisasi TNI secara keseluruhan, seiring dengan pemindahan ibu kota negara Indonesia dari Jakarta ke IKN.

"TNI terus berupaya menyempurnakan organisasi guna menjawab dinamika tantangan tugas ke depan, termasuk pembangunan sistem pertahanan terpadu di IKN," kata Agus dalam rapim tersebut.

Dia lanjut membeberkan rencana mengubah struktur organisasi di tiga matra TNI. Pertama, di lingkungan TNI Angkatan Darat, Agus berencana menggelar total 37 kodam.

Baca juga: Panglima mutasi 61 perwira, di antaranya Kadispenau, Danpuspenerbad

Dari 37 kodam itu, 15 di antaranya akan diperkuat oleh komando resor militer (korem), sementara 22 lainnya tidak diperkuat korem.

Kemudian, di lingkungan TNI Angkatan Laut, Agus berencana meningkatkan status pangkalan utama TNI AL (lantamal) menjadi komando operasi utama (kotama) operasi.

"Dan, pembinaan dengan nomenklatur kodamar (komando daerah maritim) kelas A, jumlah delapan lantamal dan enam lantamal, menjadi kodamar kelas B," jelas Agus Subiyanto.

Selanjutnya, di lingkungan TNI Angkatan Udara, dia juga akan meningkatkan status lima pangkalan udara tipe A dan dua pangkalan udara tipe B. Kemudian, akan dilakukan pula pembentukan pangkalan udara tipe C dan skadron-skadron baru.

"Hal tersebut selaras dengan visi TNI yang PRIMA, dalam hal ini well-organized (tata kelola organisasi yang baik). Untuk itu, kami sangat mengharapkan dukungan Bapak Presiden (Joko Widodo) dalam rangka mewujudkan rencana di atas,” kata Agus.

Baca juga: Panglima cek langsung kesiapan TNI bantu pengamanan Pemilu 2024

Rapim TNI-Polri Tahun 2024 di GOR Ahmad Yani, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, dibuka oleh Presiden Jokowi yang juga memberikan arahan-arahan kepada jajaran pimpinan TNI dan Polri.

Dalam rapat gabungan TNI-Polri tahun ini, TNI selaku tuan rumah mengangkat tema "TNI-Polri Siap Mewujudkan Pertahanan Keamanan untuk Indonesia Maju".

Dalam rapim tersebut, Jokowi memberikan penghargaan kenaikan pangkat istimewa kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Prabowo menerima kenaikan pangkat istimewa dari purnawirawan jenderal bintang tiga menjadi jenderal kehormatan bintang empat.

Usai acara, Presiden Jokowi langsung meninggalkan lokasi Rapim TNI-Polri, kemudian Prabowo bersama Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo lanjut mengecek kesiapan prajurit dan beberapa alat utama sistem persenjataan (alutsista) darat, seperti tank-tank, kendaraan tempur, kendaraan taktis, dan sepeda motor trail spek militer buatan dalam negeri.

Baca juga: Panglima tegaskan TNI netral terlepas presiden kampanye atau tidak

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024