Kami perkirakan investor akan wait and see terlebih dahulu menantikan data- data
Jakarta (ANTARA) - Analis MNC Sekuritas Herditya Wicaksana alias Didit mengatakan pelaku pasar cenderung bersikap wait and see mencermati rilis data- data perekonomian domestik maupun mancanegara pada pekan ini.

“Kami perkirakan investor akan wait and see terlebih dahulu menantikan data- data,” ujar Didit saat dihubungi oleh ANTARA di Jakarta, Rabu.

Menurutnya, penguatan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari Rabu ini, dikarenakan technical rebound setelah sebelumnya mengalami koreksi selama empat hari berturut- turut.

“Kami perkirakan penguatan IHSG hari ini merupakan technical rebound, setelah empat hari terkoreksi,” ujar Didit.

Pada malam ini waktu Indonesia, ia menjelaskan akan terdapat rilis data Gross Domestic Product (GDP) Amerika Serikat (AS), serta terdapat pidato dari beberapa anggota Federal Reserve (The Fed) terkait arah kebijakan Fed Fund Rate (FFR) ke depan.

Selanjutnya, pada Kamis (29/2) waktu AS, akan terdapat rilis Indeks Harga Belanja Personal (PCE) AS atau PCE Price Index, yang diperkirakan akan meningkat ke level 0,4 persen dibandingkan sebelumnya di level 0,2 persen.

“Investor masih mencermati rilis data AS, dimana pada nanti malam akan ada rilis data GDP dan ada pidato dari beberapa anggota The Fed untuk melihat arah kebijakan The Fed ke depannya,” ujar Didit.

Sementara itu, dari dalam negeri, akan terdapat rilis inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) Indonesia periode Februari 2024 oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada Jumat (01/03), yang berpotensi meningkat di tengah lonjakan harga bahan pokok dan pangan.

“Jumat (01/03) akan ada rilis inflasi Indonesia, dimana secara konsensus meningkat jadi 2,6 persen, dibandingkan 2,57 persen,” ujar Didit.

Sebagai informasi, pada perdagangan hari ini, IHSG ditutup menguat 43,32 poin atau 0,59 persen ke posisi 7.328,64. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 naik 4,56 poin atau 0,46 persen ke posisi 997,24.

Baca juga: IHSG diprediksi mendatar seiring 'wait and see' rilis inflasi PCE AS
Baca juga: BIONS Cuanpionship 3 akan tingkatkan 40 persen transaksi harian saham
Baca juga: IHSG Rabu dibuka menguat 6,76 poin

Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024