Kami berharap masyarakat bisa mengembangkan hasil alam di daerah ini, seperti kelapa. Kami siap membantu kebutuhan pengembangan usahanya
Banda Aceh (ANTARA) - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menyerahkan 11 unit rumah bantuan tahan gempa untuk masyarakat Desa Seunebok Simpang dan Desa Dama Pulo Dua, Kecamatan Darul Aman, Kabupaten Aceh Timur.

"Dari 11 unit rumah tahan gempa ini, tiga unit diantaranya dari hibah Kementerian Sosial (Kemensos) dan delapan unit lagi dari dana kemanusiaan Kompas," kata Mensos Risma di Aceh Timur, Rabu.

Mensos menyebutkan bantuan rumah yang diberikan tersebut sebagai tindak lanjut pada peletakan batu pertama pada 2023. Bangunan rumah menggunakan batu bata hasil produksi penerima manfaat.

"Kami membangun rumah tahan gempa di Aceh, khususnya di Aceh Timur, bukan untuk menahan atau menolak efek gempa, tetapi mengurangi risiko kerusakan bangunan pada elemen nonstruktural. Apalagi Aceh wilayah rawan gempa," kata Mensos Risma. 

Baca juga: 307 rumah tak layak huni Aceh Timur diusulkan rehab ke Kemensos

Selain rumah, Mensos juga menyalurkan bantuan usaha kepada masyarakat, terutama kaum ibu. Bantuan tersebut untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat setempat.

Bantuan tersebut antara lain berupa kompor rakyat senilai Rp214,5 juta dan bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) batu bata senilai Rp88,89 juta. Bantuan tersebut bersumber dari Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana (PSKB) Kemensos.

Kemudian bantuan motor roda tiga senilai Rp42 juta dari STIS Cibinong, bantuan pengembangan usaha dari Sentra Insyaf Medan senilai Rp1,246 juta, dan modal usaha senilai Rp5 juta serta gerobak motor sayur.

"Mudah-mudahan bantuan ini bermanfaat untuk masyarakat penerimanya. Kami berharap masyarakat bisa mengembangkan hasil alam di daerah ini, seperti kelapa. Kami siap membantu kebutuhan pengembangan usahanya," ujar Mensos Risma.

Baca juga: Kemensos jadikan Aceh Timur pionir rehabilitasi RTLH tahan gempa
Baca juga: Mensos beri motivasi penyandang penyakit berat dan disabilitas di Aceh

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024