Kami minta warga tidak perlu panik dan lebih bijak dalam berbelanja kebutuhan pokok
Jakarta (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebut program sembako murah yang sudah berlangsung 45 hari berhasil menjual 68.146 paket.
 
"Kalau program hari ini disponsori Bank Tabungan Negara (BTN) bersinergi dengan Perumda Dharma Jaya, PT Food Station Tjipinang Jaya, dan Perumda Pasar Jaya. Tentunya patut kita syukuri, sejak pertengahan Januari lalu kita sudah menjual 68.146 paket sembako murah," kata Heru di Jakarta, Rabu.
 
Heru menilai kegiatan sembako murah ini merupakan upaya Pemprov DKI Jakarta untuk memastikan seluruh warga mendapatkan pangan murah. Sehingga, rasa keadilan dan kesetaraan tetap terjaga, tanpa ada kegaduhan akibat kekhawatiran stok bahan pokok yang menipis.
 
Saat berkunjung ke program sembako murah di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Melati, Duri Pulo, Gambir, Jakarta Pusat, Heru melihat warga sangat antusias.

Program sembako murah ini bersinergi dengan pemangku kepentingan (stakeholders) untuk menyediakan berbagai variasi produk bahan pangan pokok.
 
"Angka ini juga menggambarkan antusiasme warga. Di samping mereka merasa terbantu, juga sebagai antisipasi karena menjelang  puasa ada fluktuasi harga bahan pokok. Kegiatan ini akan kita dorong secara konsisten hingga menjelang Lebaran. Kami minta warga tidak perlu panik dan lebih bijak dalam berbelanja kebutuhan pokok," jelas Heru.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta Suharini Eliawati mengatakan per hari ini kegiatan sembako murah telah dilaksanakan di 69 titik yang tersebar di wilayah DKI Jakarta.
 
Untuk stok baru, kata Suharini yaitu produk hewani telah terjual 1.818 ekor ayam, 313 pak daging sapi, dan 925 paket olahan ayam.
 
"Alhamdulillah kegiatan ini kita awali di Duren Sawit, Jakarta Timur. Dan per hari ini sudah genap 45 hari sembako murah terlaksana. Kita bersyukur bahwa kegiatan dalam menjaga ketahanan pangan bagi warga terus menunjukkan tren yang positif. Tentunya ini juga merupakan langkah dalam menjaga stabilitas harga serta inflasi daerah," ujar Suharini.
 
Suharini juga mengatakan kegiatan sembako murah bisa berjalan lancar berkat berkolaborasi dengan mitra. Dinas KPKP DKI juga mengajak para stakeholders untuk  berpartisipasi agar memenuhi stok sesuai kebutuhan warga.
 
Suharini juga mengapresiasi upaya ini yang terus dilaksanakan demi terwujudnya harapan warga dalam mendapatkan kesempatan yang sama, yakni terkait pangan murah. Terhitung sudah ada 50 program tanggungjawab sosial perusahaan  yang terlibat.
 
"Insyaallah ke depan menjelang Ramadan dan Lebaran, semakin banyak jumlah CSR yang masuk untuk ikut membantu," ucap Suharini.
 
Turut mendampingi Heru antara lain Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Suharini Eliawati, dan Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma saat meninjau sembako murah di RPTRA Melati.
Baca juga: Polrestro Jakbar buka pasar murah sembako
Baca juga: Pasar murah di Jakbar, warga diminta tidak timbun sembako
Baca juga: Pemkot Jakut gelar sembako murah untuk tekan inflasi

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024