Jakarta (ANTARA) -
Indonesia kembali mendapat kepercayaan untuk menjadi tuan rumah ajang balap motocross dunia MXGP yang akan berlangsung pada Juni dan Juli.
 
Indonesia bahkan akan menjadi tuan rumah untuk dua seri MXGP 2024, yakni di Sumbawa pada 30 Juni, kemudian dilanjutkan seri di Lombok pada 7 Juli.
 
Pada musim 2024, hanya Indonesia dan Italia yang mendapat kepercayaan untuk menggelar balap motocross MXGP sebanyak dua kali secara beruntun. Kedua seri di Indonesia yang akan berlangsung di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) itu adalah seri 10 di Sirkuit Samota, Sumbawa, dan seri 11 di Sirkuit Selaparang, Lombok.
 
Chairman of MXGP Indonesia Zulkifliemansyah mengatakan pemilihan Sirkuit Samota sebagai tempat berlangsungnya ajang balap motocross telah mendongkrak perekonomian di wilayah tersebut.
 
“Jadi menurut kami, sebelumnya tidak ada apa-apa di Samota, dengan adanya MXGP sekarang investasi ada kepastian. Nah ini spirit yang ingin kami sampaikan ke berbagai daerah di seluruh Indonesia. Kalau Sumbawa dengan segala keterbatasan mampu menyelenggarakan global event, semestinya Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, dan sebagainya bisa menghadirkan ajang besar di daerahnya masing-masing,” kata Zulkifliemansyah pada konferensi pers di Jakarta, Rabu.
 
Nama Samota merupakan akronim dari tiga wilayah, yakni Teluk Saleh, Pulau Moyo, dan Gunung Tambora.
 
Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan Sirkuit Mandalika yang mereka miliki memang telah beberapa kali menjadi tuan rumah untuk ajang balap sepeda motor kelas dunia, yakni MotoGP dan World Superbike. Sedangkan untuk penyelenggaraan MXGP, 2024 merupakan tahun ketiga provinsi itu mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah.

Baca juga: Menpora ingin P1 Digital Motorsport jadi wadah untuk asah atlet
 
Di sisi lain, Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (IMI) melalui Bidang Hubungan antar Lembaga IMI Pusat Erwin Indrianto menilai penyelenggaraan kejuaraan dunia papan atas sangat penting untuk mendongkrak kemampuan para atlet Indonesia.
 
“Kejuaraan dunia itu bagus untuk memicu atlet-atlet kita, di sini banyak atlet yang berbakat. Jadi atlet-atlet muda ini bisa melihat dan kalau bisa kami sedang usahakan mendapat wild card agar bisa ikut di MXGP,” ujar Erwin.
 
Duta MXGP 2024 Baim Wong juga menyuarakan rasa bangganya karena Indonesia mendapatkan kesempatan untuk kembali menjadi tuan rumah MXGP.
 
“Kali ini sangat istimewa karena di Asia hanya Indonesia saja (yang menjadi tuan rumah). Jadi ada 19 negara di MXGP, Indonesia mendapat dua jatah. Jadi buat saya berkah sekali, bagaimana kita mendapat kesempatan mengibarkan nama Indonesia di mata dunia,” tutur Baim.
 
Pada MXGP 2023, pembalap Kawasaki Racing Team MXGP Romain Febvre tampil sebagai juara pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Selaparang di Kota Mataram, Lombok, NTB. Febvre menjadi juara dengan total raihan 47 poin yang terdiri dari 22 poin di race pertama dan 25 poin di race kedua.

Baca juga: IMI Pusat rilis aturan soal registrasi produk di ajang balap motor
Baca juga: Ducati hadirkan Borgo Panigale Motocross tahun depan di Italia

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024