Jakarta (ANTARA) - Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI) menyebut sedang mengupayakan membawa kejuaraan dunia otomotif lain ke Indonesia.

Hal itu disampaikan Bidang Hubungan antar Lembaga IMI Pusat Erwin Indrianto saat menghadiri konferensi pers MXGP 2024 di Jakarta, Rabu.

“Makanya saya bilang ini akan ada lagi kejuaraan-kejuaraan yang IMI bawa dan saya sedang bernegosiasi dengan promotor yang memegang haknya. Jadi ini IMI langsung yang bernegosiasi, nanti promotornya kalau sudah ada, kami kasih ke mereka,” kata Erwin.

Erwin menyebut Ketua Umum PP IMI Bambang Soesatyo sangat memberi perhatian terhadap keberlanjutan olahraga balap prestasi di Indonesia.

Bahkan dukungan IMI tidak terbatas kepada dua jenis balapan yang sangat populer, yakni sepeda motor dan mobil namun juga menjangkau jenis-jenis balap kendaraan bermesin lainnya.

“Tidak hanya motor dan mobil, kemarin ada F1 boat dan kejuaraan jetski. Kami juga mendukung. Walaupun itu hal yang baru bagi IMI, yakni dunia balap di air, tapi kami juga belajar cara untuk menyelenggarakannya,” tambah Erwin.

Di sisi lain, sebagai regulator, IMI juga tidak bisa campur tangan langsung dalam penyelenggaraan berbagai jenis balap. Namun dengan caranya sendiri, IMI tetap memberikan dukungan seperti pemeriksaan sirkuit atau penyediaan marshall balapan yang tersertifikasi.

Baca juga: IMI: Era elektrifikasi peluang modifikator lokal berkarya

Untuk 2024, Indonesia dipastikan tidak lagi menjadi tuan rumah World Superbike (WSBK), namun Indonesia, dalam hal ini Sirkuit Mandalika, tetap akan menjadi tuan rumah untuk MotoGP pada September.

Indonesia juga dipastikan akan menjadi tuan rumah untuk dua seri balap motocross dunia MXGP, yakni di Sirkuit Samota, Nusa Tenggara Barat, pada 30 Juni, dan di Sirkuit Selaparang, Lombok, NTB, pada 7 Juli.

Danau Toba di Sumatera Utara juga kembali mendapat kepercayaan untuk menjadi tuan rumah F1 Powerboat 2024 yang akan berlangsung pada 2 dan 3 Maret.

Baca juga: Indonesia kembali mendapat kepercayaan jadi tuan rumah MXGP
Baca juga: IMI Pusat rilis aturan soal registrasi produk di ajang balap motor


Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024