Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno menekankan pentingnya sumber daya manusia (SDM) atau aparatur yang kolaboratif dan kompeten demi menopang peningkatan kontribusi pariwisata dan ekonomi kreatif di Tanah Air.

“Peningkatan kontribusi pariwisata dan ekonomi kreatif terhadap ekonomi nasional tentunya harus ditopang dengan keberadaan SDM aparatur yang senantiasa kolaboratif dan kompeten,” kata Sandiaga dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Sandiaga menyampaikan hal tersebut secara daring dalam Forum Komunikasi Pengembangan Kompetensi SDM Aparatur Parekraf Tahun 2024 sebagai upaya peningkatan dan pengembangan kapasitas sumber daya manusia aparatur negara pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) tanah air.

Menurut Sandiaga forum tersebut sebagai upaya meningkatkan kolaborasi antara aparatur sipil negara (ASN) parekraf di Kemenparekraf dengan ASN parekraf di tingkat pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia jajaran parekraf.

Baca juga: Menparekraf Sandiaga luncurkan 3 Kharisma Event Nusantara di Gorontalo

Menurut Sandiaga forum tersebut bisa menjadi wadah untuk berbagi ide, pengalaman strategis, penguatan kolaborasi, dan sinergitas antara Kemenparekraf dengan pemerintah daerah guna meningkatkan kompetensi SDM aparatur parekraf dan kualitas program pengembangan kompetensi teknis urusan pemerintahan yang konkuren bagi perangkat daerah.

Sandiaga mengatakan forum yang mengusung tema "Sinergitas Pengembangan Kompetensi SDM Aparatur Parekraf Untuk Indonesia Maju” ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi SDM aparatur parekraf dalam upaya meningkatkan kontribusi sektor parekraf terhadap perekonomian nasional.

"Mari kita ciptakan SDM aparatur parekraf yang unggul dan berkualitas sehingga sektor parekraf bisa memberikan kontribusi terhadap ketahanan ekonomi nasional," ucap Sandiaga.

Dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sesmenparekraf) Ni Wayan Giri Adnyani melakukan peluncuran situs E-learning Wonderful Learning Centre atau WLC yang bisa diakses di laman wlc.kemenparekraf.go.id.

Giri menyampaikan situs tersebut diluncurkan dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi SDM aparatur parekraf yang unggul dan berdaya saing.

Baca juga: Sandi: Peningkatan kunjungan wisman lewat tambahan kursi pesawat

Menurut Giri, hal tersebut sangat penting dalam mengembangkan sektor parekraf di Tanah Air. Mengingat sektor parekraf merupakan salah sektor perekonomian unggulan nasional.

"Industri pariwisata dapat memberikan efek berantai bagi pengembangan sektor lainnya dan memperbesar penerimaan (ekonomi) negara, memperluas lapangan kerja, dan juga tentunya turut mendorong pembangunan daerah dalam era globalisasi,” kata Giri.

Untuk itu, lanjut Giri, tentunya peran strategis SDM aparatur parekraf yang profesional dan berkualitas sebagai penggerak demokrasi pemerintahan serta pelopor dan pelaksana pengelolaan kepariwisataan dan ekonomi kreatif merupakan kunci keberhasilan pembangunan kepariwisataan nasional.

Kemenparekraf selaku instansi pembina dan pengelola jabatan fungsional adyatama kepariwisataan dan ekonomi kreatif perlu menjamin terwujudnya standar kualitas dan profesionalitas jabatan tersebut.

Salah satu upaya tersebut adalah dengan menyusun pedoman-pedoman terkait jabatan fungsional adyatama kepariwisataan dan ekonomi kreatif dan pemberian akreditasi program melalui Pusat Pengembangan SDM (Pusbang SDM) Parekraf.

"Pusbang SDM mengembangkan media pembelajaran online yang kami beri nama Wonderful Learning Centre yang membahas berbagai materi pembelajaran tentang pariwisata dan ekonomi kreatif. Jadi tidak hanya silabus offline yang kami siapkan, tapi juga online," jelas Giri.

Forum tersebut juga diisi dengan diskusi dan sosialisasi mengenai jabatan fungsional kepariwisataan dan ekraf oleh Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kemenparekraf/Baparekraf Nia Niscaya; dan Kepala Pusbang SDM Parekraf Andar Danova L Goeltom.

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024