Jakarta (ANTARA) - Staf Khusus Presiden RI Joko Widodo Bidang Inovasi dan Pendidikan Billy Mambrasar bersama Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams bertemu di Papua untuk membahas peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Pertemuan itu dilakukan di Jayapura, Papua, Selasa (27/2), sebagaimana siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu.

"Sejak Presiden Jokowi memberikan amanah kepada saya sebagai staf khusus beliau pada tahun 2019, mandat yang diberikan selalu jelas, yaitu untuk mempercepat peningkatan kualitas pendidikan dan inovasi di Indonesia, termasuk di wilayah terluarnya," ujar Billy.

Billy, atas nama Presiden RI Joko Widodo, menyampaikan terima kasih kepada Penny Williams atas perhatian khusus yang diberikan, khususnya kepada Papua.

Baca juga: Dubes Australia apresiasi hasil pembangunan di Papua

Menurut ia, Presiden Joko Widodo mengapresiasi kerja sama Australia dan Indonesia di bidang pendidikan dan pembangunan manusia melalui proyek-proyek yang sedang berjalan, seperti Inovasi, Prisma, dan Skala.

Dengan mempertimbangkan hubungan simbiosis antara pendidikan dan kemajuan, Staf Khusus Presiden RI dan Dubes Australia menjajaki peluang kolaborasi untuk meningkatkan pembangunan sumber daya manusia di negara masing-masing.

Dialog tersebut melambangkan semangat kerja sama antarkedua negara yang menggarisbawahi komitmen bersama untuk memajukan kemakmuran dan kesejahteraan penduduknya.

"Dalam kesempatan ini, saya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Australia atas dukungan yang tiada henti kepada Indonesia melalui berbagai cara dan pendekatan," ujarnya.

Baca juga: Pemprov dan Dubes Australia bahas program beasiswa mahasiswa Papua

Sementara itu, Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams mengapresiasi kemajuan cepat yang terjadi dalam pembangunan di Papua.

Ia mengatakan Pemerintah Australia akan mendukung berbagai bentuk kerja sama yang mendorong kemajuan Indonesia, terutama dari timur Papua.

"Ini adalah kunjungan resmi pertama saya ke Papua dan saya sangat senang bisa berada di sini hari ini bersama rombongan kedutaan lainnya. Sangat menarik melihat perkembangan Papua sebagai hasil kolaborasi berkelanjutan antara pemerintah Indonesia dan Australia," kata Penny.

Penny Williams menyampaikan salam kepada Presiden Joko Widodo dan sekali lagi mengapresiasi segala kemajuan yang telah dicapai Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

Duta Besar Penny Williams juga menguraikan komitmen Australia untuk memperkuat kemitraannya dengan Indonesia di sektor pembangunan, khususnya di bidang energi, lingkungan hidup, dan pembangunan manusia.

Baca juga: Dubes pandang penting kerja sama pendidikan Indonesia-Australia

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024