KPLP telah melakukan pengawasan intensif terhadap kapal asing maupun berbendera Indonesia sebelum beroperasi di perairan Indonesia
Jakarta (ANTARA) - Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) berkomitmen untuk berperan aktif melindungi lingkungan maritim serta menjaga keselamatan dan keamanan pelayaran di Indonesia.

“Dalam rangka menjaga keselamatan pelayaran, KPLP telah melakukan pengawasan intensif terhadap kapal asing maupun berbendera Indonesia sebelum beroperasi di perairan Indonesia," kata Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Capt. Antoni Arif Priadi dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Saat memberikan sambutan peringatan HUT Ke-51 KPLP dan Pangkalan PLP ke-36 di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta, dia mengatakan, dalam rangka menjaga keselamatan pelayaran, KPLP telah melakukan pengawasan intensif terhadap kapal asing maupun berbendera Indonesia sebelum beroperasi di perairan Indonesia.

KPLP juga menjalin kerja sama bilateral, regional dan multilateral dengan sejumlah negara serta organisasi internasional

Menurutnya, dalam melindungi lingkungan maritim, KPLP telah diwujudkan bersama melalui kegiatan operasi rutin pemantauan pencemaran serta latihan bersama penanggulangan pencemaran khususnya penanganan tumpahan minyak melalui penyelenggaraan Marine Pollution Exercise (Marpolex) bekerja sama dengan Philippine Coast Guard dan Japan Coast Guard.

Baca juga: Kemenhub gelar "boarding officer" untuk keselamatan pelayaran

Baca juga: Kapal Patroli KPLP Kemenhub evakuasi ABK meninggal di Maluku


“Latihan tersebut penting untuk menjaga kesiapan armada dan personel KPLP khususnya dalam operasi penanggulangan tumpahan minyak secara cepat, tepat dan terkoordinasi” tambahnya.

Ia mencontohkan keberhasilan KPLP pada tahun 2023 yang telah melakukan evakuasi dan mencegah pencemaran terhadap kandasnya Kapal MT Young Yong di perairan Kepulauan Riau serta mendapat apresiasi dunia maritim internasional.

Sebagai informasi, dalam menjalankan tugas di lapangan, KPLP didukung oleh 264 Unit Pelaksana Teknis dan 5 Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai dengan armada lebih dari 680 kapal patroli berikut personel yang mendapatkan pelatihan secara berkala sesuai tugas dan fungsi masing-masing.

Lebih lanjut, Dirjen Perhubungan Laut berpesan agar setiap insan KPLP dapat menjaga komitmen, selalu mengedepankan profesionalitas dalam menjalankan tugas, dan memberikan manfaat dalam mewujudkan keselamatan dan keamanan pelayaran serta perlindungan lingkungan maritim sebagai upaya mendorong Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Sejumlah kegiatan sosial pun dilakukan dalam rangka memperingati HUT Ke-51 KPLP dan PLP Ke- 36, di antaranya kegiatan bakti sosial, donor darah dan Sosialisasi Keselamatan Pelayaran melalui pembagian jaket keselamatan.

Baca juga: KPLP Kemenhub relokasi satu kapal patroli untuk perairanSanur-Bali

Baca juga: Kemenhub kerahkan kapal patroli KPLP evakuasi KMP terbakar



 

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024