Jakarta (ANTARA) - Sejumlah pengusaha Portugal berminat menjalin kerja sama dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DKI Jakarta setelah menghadiri Forum Bisnis Indonesia - Portugal di Lisbon.

"Hasil dari kegiatan ini (Forum Bisnis Indonesia - Portugal) secara umum sangat baik di mana sejumlah perusahaan (Portugal) berminat untuk bekerjasama dengan PHRI DKI Jakarta," kata Ketua Badan Pimpinan Daerah PHRI DKI Jakarta, Sutrisno Iwantono, dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Rabu.

Iwantono mengatakan perusahaan yang berminat menjalin kerja sama antara lain FMT Trading yang fokus pada jaringan pemasok untuk daging dan buah-buahan dan Turkish Airlines (di Portugal) untuk Corporate Memberships. Sementara seorang pengusaha yang sudah memiliki resor di Kalimantan akan menjajaki kerja sama dengan anggota PHRI lainnya.

Iwantono mengatakan, secara khusus forum bisnis yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Lisbon, Portugal, juga diisi dengan presentasi dari pengusaha Indonesia dan Portugal secara daring maupun luring.

Pengusaha Indonesia antara lain memaparkan tentang potensi wisata di Labuan Bajo, potensi kerja sama dengan produsen furnitur dari Jepara, dan potensi wisata di Banyuwangi. Pertemuan dilakukan dalam one to one meeting atau bertemuan satu per satu.

Sedangkan dari Portugal dipaparkan antara lain potensi Port Wines dan produksi limestone.

Hadir dalam kegiatan tersebut Duta Besar Indonesia untuk Portugal Rudy Alfonso, Wakil Ketua Umum Kadin Tony Wenas, Ketua Kadin untuk Portugal dan Spanyol Irman A. Zahiruddin.

Dari Portugal, hadir Kadin Portugal dan beberapa perusahaan Portugal yang memiliki minat untuk berinvestasi serta menjalin hubungan dagang dan ekonomi dengan Indonesia.

Dalam sambutannya Duta Besar RI untuk Portugal mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan langkah strategis dalam mengenalkan ekonomi dan potensi bisnis kedua negara.

Baca juga: PHRI siap perkuat ekosistem pariwisata Indonesia
Baca juga: Menteri PUPR: Tunisia dan Portugal bersedia hadiri World Water Forum
Baca juga: Menlu RI-Portugal gelar pertemuan, isu ekonomi mendominasi pembahasan

Pewarta: Unggul Tri Ratomo
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024