Beijing (ANTARA) - Administrasi Kekayaan Intelektual Nasional (NIPA) China pada Selasa (27/2) menyampaikan bahwa negara itu akan melakukan sejumlah upaya untuk mendorong laju industrialisasi paten di universitas dan lembaga penelitian di seluruh China.

NIPA China telah memprakarsai sebuah rencana kerja, mengusulkan bahwa per akhir 2024, universitas dan lembaga penelitian ilmiah di China harus melakukan penilaian terhadap paten mereka yang kurang termanfaatkan dan mempercepat proses industrialisasi paten-paten bernilai tinggi pada akhir 2025.

"Jumlah paten penemuan yang valid di universitas-universitas China mencapai 794.000 hingga akhir tahun 2023, dengan lembaga penelitian ilmiah memegang tambahan 229.000 paten. Angka-angka ini secara kolektif mencakup seperempat dari total paten di negara tersebut," ujar pejabat senior NIPA Wang Peizhang dalam sebuah konferensi pers.

Dia juga menyoroti keberadaan paten-paten yang tidak aktif, seraya mengatakan bahwa hal ini merupakan "fenomena umum" di lembaga-lembaga tersebut. Menyikapi hal ini, administrasi kekayaan intelektual bekerja sama dengan tujuh departemen, termasuk Kementerian Pendidikan dan Kementerian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi China, menerbitkan rencana kerja untuk meningkatkan industrialisasi paten penemuan.

Dalam pidatonya, Wang menekankan mekanisme pasar, mengatakan bahwa administrasi kekayaan intelektual akan berkoordinasi dengan perusahaan-perusahaan untuk menganalisis prospek industrial dari paten universitas dan lembaga penelitian ilmiah, sekaligus memanfaatkan kekuatan pasar untuk memobilisasi antusiasme lembaga investasi dan jasa guna mendorong transfer cepat paten bernilai tinggi.

Departemen-departemen lain yang terlibat dalam rencana kerja tersebut juga melakukan sejumlah upaya, seperti melatih agen paten serta memberikan dukungan keuangan kepada pemegang paten di universitas dan lembaga penelitian.

Menurut Wang, rencana kerja serupa untuk industrialisasi paten usaha kecil dan menengah juga akan segera diluncurkan.

China menempati peringkat pertama di dunia dalam hal jumlah pengajuan paten internasional selama beberapa tahun terakhir, dan memprioritaskan peningkatan industrialisasi paten sebagai langkah untuk mendukung inovasi ilmiah.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2024