Jakarta (ANTARA) - Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Trunoyudo Wisnu Andiko menyebut Polri berkomitmen mewujudkan kesetaraan gender di lingkungan Korps Bhayangkara.

Salah satu wujud komitmen tersebut, Polri menunjuk Brigjen Pol. Nurul Azizah sebagai komandan upacara (Danup) Korps Raport.
 

“Danup Korps Raport Pati Polri pada Senin (26/2), yakni Brigjen Pol. Nurul Azizah. Ini adalah bentuk komitmen Polri mewujudkan kesetaraan,” kata Trunoyudo.
 

Upacara korps raport empat perwira tinggi (Pati) Polri tersebut dipimpin oleh Wakapolri Komjen Pol. Agus Andrianto.
 

Brigjen Pol. Nurul Azizah yang kini menjabat sebagai Direktur Program Sarjana STIK menyebut Polwan sebagai komandan upacara dalam kegiatan biasa seperti peringatan Hari Ibu, atau Hari Bhayangkari sudah biasa terjadi, namun sebagai komandan upacara korps raport jarang diampu oleh Polwan.
 

“Kalau tidak salah baru kali ini ada perwira yang ditunjuk polwan pada saat upacara kenaikan pangkat," katanya.
 

Mantan Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri itu menceritakan pengalamannya saat dihubungi Biro SDM untuk menjalankan tugas sebagai komandan upacara korps raport tersebut.
 

“Ketika saya ditelepon diperintah untuk menjadi danup ya saya siap,” kata Nurul.
 

Adapun tugas danup korps raport tersebut sama seperti tugas-tugas komandan upacara lainnya, yakni melaporkan kepada pimpinan upacara bahwa upacara dimulai, memberikan penghormatan dan mengistirahatkan personel upacara.
 

“Yang saya laksanakan, selain menyiapkan, laporan dan mengistirahatkan,” kata Nurul.
 

Adapun upacara korps raport yang dikomandani oleh Nurul, yakni empat pati Polri yang mendapat kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi dari komisaris besar (komjen) menjadi brigadir jenderal (brigjen).
 

Keempat Pati Polri tersebut, yakni Brigjen Pol. Adang Suherman dengan jabatan Agen Intelijen Baintelkam Polri; Brigjen Pol. Hisar Siallagan yang saat ini Pati Lemdiklat Polri dengan penugasan di Badan Narkotika Nasional (BNN); Brigjen Pol Rudi Hananto Nugroho menjabat sebagai Analis dan Advokasi di Divisi Hukum Polri, dan Brigjen Pol Edfrie R Maith saat ini menjabat Pati Lemdiklat Polri yang ditugaskan di Badan Nasional Pengelola Perbatasan.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024