juga akan menjadi penopang IKN baru sebagai pemasok bahan pangan yang bersumber dari Sulsel
Makassar (ANTARA) - Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharudin mengatakan Provinsi Sulawesi Selatan memiliki peluang menjadi pemasok utama kebutuhan pangan di Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur.

"Makassar selama ini menjadi pintu gerbang dan pusat perdagangan di kawasan timur Indonesia, juga akan menjadi penopang IKN baru sebagai pemasok bahan pangan yang bersumber dari Sulsel," kata Bahtiar Baharudin di Makassar, Rabu.

Dia mengatakan Makassar secara geografis dekat dengan Kalimantan Timur melalui jalur laut sehingga memiliki peluang untuk memasok bahan pangan dari Kota Makassar.

Baca juga: Mentan minta petani Sulsel percepat masa tanam saat musim hujan

Baca juga: Mentan ajak ribuan petani di Sulsel wujudkan swasembada pangan


Apalagi selama ini, Sulsel sudah dikenal sebagai pemasok bahan pangan seperti beras, sayur-mayur, buah-buahan dan komoditas pangan lainnya.

Hal tersebut dibenarkan oleh salah seorang pedagang antarpulau Jamaluddin yang selama ini memasok bahan pangan melalui Pelabuhan Rakyat Paotere, Makassar.

Ia sudah lebih dari 10 tahun memasok bumbu bahan makanan seperti jahe, kunyit, serei dan sebagainya, ke Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

Selain itu mengirim aneka tepung beras, baik jenis beras ketan atau beras biasa yang dikonsumsi sehari-hari.

Baca juga: Serapan gabah oleh Bulog Sulselbar turun 60 persen di 2023

Baca juga: Sektor pertanian di Sulsel masih dominasi sumbang pertumbuhan ekonomi


"Jadi selain mengirim rempah-rempah dari Sulawesi Selatan juga mengirim tepung beras untuk memenuhi permintaan dari Kaltim dan Kalsel. Rata-rata pengiriman melalui laut dilakukan setiap pekan," katanya.
Ilustrasi suasana bongkar muat di Pelabuhan Rakyat Paotere, Makassar untuk menyuplai kebutuhan pangan antarpulau di Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan. Antara/ Suriani Mappong

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024