Manado (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Utara (Sulut) Ronald Lumbuun memaparkan capaian kinerja dan inovasi pelayanan masyarakat kepada Komisi III DPR RI.

Kakanwil Ronald Lumbuun, di Manado, Rabu, mengatakan berbagai inovasi dan terobosan dilakukan dalam rangka meningkatkan layanan publik di jajaran Kanwil Kemenkumham Sulut.

"Inovasi tersebut baik dalam pelayanan paspor atau dokumen keimigrasian pelayanan hak kekayaan intelektual, pelayanan administrasi hukum umum, bantuan hukum, dan harmonisasi produk hukum di daerah dengan mengembangkan aplikasi 'HarmonJo'," kata Kakanwil Ronald Lumbuun saat rapat dengan Komisi III DPR RI yang melakukan kunjungan kerja reses masa persidangan III Tahun Sidang 2023 - 2024, di Manado.

Pada saat itu Kakanwil yang didampingi para kepala divisi beserta para kepala unit pelaksana teknis Kemenkumham Sulut, juga menjelaskan tentang kondisi umum jajaran Kemenkumham Sulut dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya, serta mengenai anggaran guna optimalisasi kinerja.

Selain itu, dari sisi pemasyarakatan, Ronald Lumbuun memaparkan terkait "overcrowding" pada lembaga pemasyarakatan, rumah tahanan negara di Sulut dan upaya mengurangi "overcrowding".

Kemudian dari sisi keimigrasian terkait pengawasan dan izin tinggal orang asing, serta kerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk mengantisipasi permasalahan orang asing.

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Komisi III DPR RI selaku Ketua Tim, Ahmad Sahroni didampingi Andi Rio Padjalangi, Santoso, Achmad Baidowi, Hinca IP Pandjaitan, dan Romo Muhammad Syafi’i.



 

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024