Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan video di Facebook menampilkan Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh sedang menyampaikan pidato.

Dalam unggahan tersebut, dinarasikan Surya Paloh menyatakan untuk bergabung ke koalisi Indonesia Maju atau bergabung ke kubu paslon nomor urut dua Prabowo-Gibran.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“gabung ke 02 juga akhirnya anak abah bntar lagi juga diam

BELOK KANAN MASUK 02 GERAK… SURYA PALOH DAN PARTAINYA GABUNG KOALISI INDONESIA MAJU”

Namun, benarkah video tersebut merupakan Surya Paloh nyatakan bergabung ke koalisi Prabowo-Gibran?

 

Video Surya Paloh deklarasi bergabung ke koalisi Prabowo-Gibran pada 27 Februari. Faktanya, video tersebut merupakan saat Surya Paloh mengunjungi Prabowo dikediamannya pada 5 Maret 2023. (Facebook)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, video tersebut serupa dengan unggahan YouTube MetroTV yang berjudul “Surya Paloh - Prabowo Sepakat Saling Hormati Keputusan Masing-Masing Partai”.

Video tersebut diunggah pada 5 Maret 2023, saat Surya Paloh menyambangi kediaman pribadi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, Jawa Barat. 

Pertemuan itu menghasilkan kesepakatan antara kedua parpol, yakni menciptakan suasana Pemilu 2024 yang damai, sejuk dan rukun meskipun kedua parpol memiliki arah politik yang berbeda.

Dilansir dari ANTARA, dalam kunjungan tersebut, Prabowo menganggap kedatangan sahabat lamanya itu merupakan kunjungan balasan, karena ia sempat mengunjungi Surya Paloh di Tower Nasdem, Jakarta Pusat, pada 1 Juni 2022 lalu.

Sementara, Surya Paloh menyebutkan bahwa kunjungan yang ia lakukan menggambarkan hubungan persahabatan keduanya yang sudah terjalin sekitar 40 tahun lalu.

Menurutnya, meski arah politik keduanya dalam kontestasi Pilpres 2024 berbeda, namun dirinya tetap memberi semangat kepada Prabowo yang sudah mendeklarasikan diri sebagai calon presiden dari Partai Gerindra.

Klaim: video Surya Paloh nyatakan gabung koalisi Prabowo-Gibran pada 27 Februari

Rating: Disinformasi

Cek fakta: Disinformasi! Foto Presiden Jokowi panggil sejumlah ketum parpol ke Istana usai pemilu

Cek fakta: Hoaks! Video Surya Paloh-Prabowo bertemu usai Pemilu 2024 pada 20 Februari

Baca juga: TKS Prabowo-Gibran sebut segera ada pertemuan ketua umum parpol

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024