Jakarta (ANTARA) - "LPS Monas Half Marathon 2024" berlangsung pada 30 Juni 2024 bertepatan dengan rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-497 Jakarta.
 
"Pemprov DKI Jakarta mendukung penuh gelaran 'LPS Monas Half Marathon 2024'. Lomba lari jarak jauh yang diselenggarakan 30 Juni 2024 dengan mengambil rute Monumen Nasional-Istora Senayan," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Jakarta, Kamis.
 
Heru menyebutkan, "Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Half Marathon" tahun ini merupakan kedua kalinya setelah pada 2023 berhasil menarik antusiasme 10 ribu pelari. Heru berharap penyelenggaraan di tahun 2024 dapat melampaui capaian tahun sebelumnya hingga mencapai 15 ribu pelari.
 
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terus mengevaluasi agar penyelenggaraan tahun ini berlangsung lebih baik. Melalui Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Pemuda dan Olahraga serta Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terus bersinergi menyukseskan penyelenggaraan "LPS Half Marathon 2024".
 
"Tentunya kita lebih memperbaiki, jika ada kekurangan di 2023 kita sempurnakan di 2024. Semoga 'LPS Monas Half Marathon' bisa terselenggara dengan baik," kata Heru.
 
Pemprov DKI Jakarta juga telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait kegiatan tersebut. Hal itu agar jalur yang akan digunakan saat lomba dapat dipastikan steril dan aman digunakan oleh para pelari.

Baca juga: Jakarta gelar LPS Monas Half Marathon pada 2 Juli
Baca juga: Triyaningsih dorong atlet junior lampaui rekor lari marathonnya
 
Para peserta "LPS Monas Half Marathon 2023" berlari memasuki kawasan FX Sudirman, Jakarta, Minggu (2/6/2023). (ANTARA/FAJAR SATRIYO)
Pemprov DKI bersama Polda Metro Jaya Pangdam Jaya telah menugaskan personel untuk bisa memberitahu masyarakat dan menetapkan titik-titik yang rawan pada saat hari H.

"Seperti di persimpangan ada Satpol PP, Dinas Perhubungan dan seterusnya. Kunci utama adalah sosialisasi, penjelasan kepada masyarakat bahwa tanggal 30 Juni ada 'LPS Monas Half Marathon'," kata Heru.
 
Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo menjelaskan, untuk mensterilkan jalur pelari, penutupan jalan akan dilakukan mulai pukul 05.00 WIB. Sebelumnya dilakukan penyaringan pada 03.30 WIB dan akan dibuka kembali pada pukul 10.00 WIB.

Pihaknya juga akan memisahkan jalur bagi para pelari dan warga yang mengikuti Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB).
 
"Sisi kiri bagi masyarakat yang sedang HBKB, di sebelah kanan pelari 'LPS Monas Half Marathon'. Mulai dari start sampai 'finish', itu yang akan dilakukan secara konsisten sampai dengan pelaksanaan berakhir," kata Syafrin.
 
 

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024