Jakarta (ANTARA) - Paper.id dan Accurate Indonesia menghadirkan solusi transaksi dan akuntansi bisnis terintegrasi dalam satu platform bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia.

CEO & Co-founder Paper.id Yosia Sugialam dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, mengatakan melalui sinergi tersebut, pebisnis dapat memanfaatkan keunggulan fitur kedua perusahaan mulai dari penagihan, pembayaran, hingga pembukuan, tanpa perlu beralih antarplatform.

"Selain pembukuan dan pencatatan bisa terdigitalisasi, kami bisa memberikan solusi otomatis yang lengkap buat para pelaku bisnis di Indonesia, mulai dari penagihan, pembayaran, biaya, sampai ke laporan dan akuntansi," katanya.

Menurut Yosia, sudah banyak pebisnis yang menunggu-nunggu kolaborasi tersebut.

"Kerja sama ini akan memberikan jalan mudah buat pebisnis untuk bisa otomatisasi end-to-end proses bisnisnya," ujarnya.

Baca juga: Bank Muamalat gandeng DOKU & Paper.id perluas layanan cash management

Menurut dia, dari sisi Paper.id, dimulai dari pembuatan invoice, pengiriman dan penagihan juga terhubung ke lebih dari 30 metode pembayaran yang bebas dipilih oleh buyer, termasuk kartu kredit untuk mendapatkan tambahan tempo tanpa harus disediakan oleh pemasok.

"Ini juga dapat digunakan oleh pengguna saat membayar pemasok. Fitur rekonsiliasi pembayaran otomatis ini memastikan bahwa semua transaksi dicatat dengan akurat," sebut Yosia.

Sementara itu, CEO Accurate Indonesia Yosep Stephen mengatakan melalui kolaborasi tersebut, UMKM di Indonesia dapat semakin mudah dalam melakukan digitalisasi bisnis secara end-to-end.

"Hadirnya solusi terintegrasi untuk pencatatan transaksi dan pembukuan ini akan meningkatkan efisiensi waktu dan biaya, sehingga pelaku usaha bisa lebih fokus pada strategi yang dapat mendorong pertumbuhan bisnisnya," ujarnya.

Baca juga: Hylobiz meluncurkan bisnisnya di Indonesia dalam kemitraan dengan Accurate and Brankas

Ia menambahkan kolaborasi tersebut sejalan dengan visi perusahaan untuk membantu pebisnis Indonesia berkembang dengan mudah dan cepat melalui teknologi.

"Kami percaya kerja sama ini dapat mendukung percepatan digitalisasi bisnis serta meningkatkan pertumbuhan bisnis di Indonesia," sebutnya.

Penggunaan yang mudah dan efisien dengan adanya kolaborasi tersebut, menurut Yosep, bukan hanya mempermudah proses administrasi keuangan, tetapi juga memberikan UMKM kesempatan untuk fokus dalam pengembangan bisnis lewat akses platform digital yang mempermudah operasional bisnisnya.

Accurate akan melengkapi Paper.id dari sisi akuntansi dan proses bisnis keseluruhan, mulai dari pembukuan otomatis, pengelolaan stok, perhitungan pajak, hingga lebih dari 200 laporan bisnis dan keuangan yang dapat dihasilkan dalam hitungan detik.

"Adanya fitur multicabang juga dapat membantu pebisnis mengelola dan melihat laporan keuangan seluruh cabangnya kapan pun mereka butuhkan. Dengan biaya bulanan yang terjangkau, pebisnis sudah dapat mengakses layanan Accurate Indonesia dan menikmati beragam fitur yang tersedia," jelas Yosep.

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024