Gaza, Palestina (ANTARA) - Enam bayi meninggal di Rumah Sakit Kamal Adwan dan Kompleks Medis Al Shifa di Jalur Gaza utara akibat malnutrisi parah pada Rabu (28/2) malam di tengah blokade militer Israel di wilayah kantong Palestina itu.

Sumber-sumber medis memastikan kematian empat bayi di Rumah Sakit Kamal Adwan dan menambahkan bahwa tujuh bayi lainnya masih dalam kondisi kritis akibat kekurangan gizi.

Selain itu, dua bayi dinyatakan meninggal akibat kekurangan gizi di Kompleks Medis Al Shifa, fasilitas kesehatan terbesar di Gaza.

Pekan lalu, Global Nutrition Cluster melaporkan peningkatan drastis jumlah kasus kekurangan gizi di kalangan anak-anak, wanita hamil dan menyusui di Jalur Gaza, yang menimbulkan ancaman besar bagi kesehatan mereka.

Ketika agresi Israel di Jalur Gaza memasuki pekan ke-21, makanan dan air bersih menjadi sangat langka dan berbagai penyakit merajalela, sehingga membahayakan nutrisi dan kekebalan perempuan dan anak-anak serta mengakibatkan lonjakan kasus malnutrisi akut.

Laporan berjudul “Kerentanan Gizi dan Analisis Situasi - Gaza” itu menemukan bahwa situasi sangat ekstrem terjadi di Jalur Gaza utara, di mana kiriman bantuan hampir sepenuhnya terputus selama berminggu-minggu.

Sumber: WAFA

Baca juga: PM Inggris dukung upaya AS wujudkan gencatan senjata di Jalur Gaza
Baca juga: UNRWA tidak bisa kirim bantuan dengan aman ke Gaza utara

Penerjemah: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2024