Kairo (ANTARA News) - Patung Fir'aun dinasti ke-19 Mesir, Ramses II, ditemukan di Kota Tel-Basta, Delta Nil, pada Kamis (3/10).

Menurut laporan koran pemerintah Al-Ahram, patung dengan tinggi 195 sentimeter dan lebar 160 sentimeter yang terbuat dari granit merah itu, secara tidak sengaja ditemukan dalam misi penggalian Mesir-Jerman di area Kuil Agung di dalam kuil Dewi Kucing Bastet di Tel-Basta, Sharkiya.

Menteri Benda Antik Mesir Mohamed Ibrahim mengatakan patung itu menggambarkan Raja Ramses II sedang berdiri di antara Dewi Hathor dan Dewa Petah. Tulisan Hierogliph terukir di belakang patung itu.

Misi itu juga menemukan satu patung lagi yang terbuat dari batu pasir. Patung tersebut tampaknya menggambarkan seorang tokoh senior. Patung itu juga memiliki teks Hieroglyph.

Mohamed Abdel Maqsoud, Kepala Bagian Mesir Kuno pada Kementerian Benda Antik, mengatakan temuan tersebut sangat penting karena menunjukkan bahwa Tel-Basta pernah menjadi tempat kuil Kerajaan Baru yang didedikasikan untuk Raja Ramses II.

(Uu.C003)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013