Beijing (ANTARA) - Lebih dari 7,2 miliar perjalanan antardaerah dilakukan di China dari 26 Januari hingga 27 Februari 2024 yang merupakan 33 hari pertama dari puncak arus perjalanan Festival Musim Semi, ungkap data resmi.

Angka tersebut naik 10,6 persen dari periode yang sama pada 2023, menurut konferensi pers yang digelar oleh Kantor Informasi Dewan Negara China pada Rabu (28/2).

Lalu lintas jalan raya menyumbang porsi terbesar dari angka ini. Selama periode tersebut, lebih dari 5,8 miliar perjalanan dilakukan dengan kendaraan pribadi di jalan tol dan jalan nasional serta jalan provinsi sehingga mencatatkan rekor tertinggi, kata Menteri Transportasi China Li Xiaopeng dalam konferensi pers.

Lalu lintas penumpang kereta mencapai tingkat tertinggi untuk periode sama dalam sejarah, sedangkan lalu lintas penumpang penerbangan sipil juga membukukan rekor tertinggi, kata Li.

Dalam menghadapi cuaca buruk seperti penurunan suhu, hujan, dan salju, otoritas transportasi lokal mengaktifkan rencana darurat dan secara efektif memastikan kebutuhan perjalanan kelompok-kelompok utama, termasuk pekerja migran, pelajar, pengunjung keluarga, serta turis, terutama di daerah-daerah penting dan periode penting, imbuh Li.

Festival Musim Semi, yang tahun ini jatuh pada 10 Februari, merupakan perayaan tradisional terbesar di China. Arus mudik Festival Musim Semi tahun ini dimulai pada 26 Januari dan akan berakhir pada 5 Maret. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Indra Arief Pribadi
Copyright © ANTARA 2024