Sampai petugas pemilu kelelahan karena tidak ada kendaraan, mereka jalan kaki.
Auckland, Selandia Baru (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin mengapresiasi keikutsertaan kaum diaspora Indonesia di Selandia Baru dalam menyalurkan hak suaranya pada perhelatan Pemilu 2024.

Wapres mengemukakan hal itu ketika menghadiri Dialog Kebangsaan yang melibatkan sekitar 300 diaspora Indonesia dari berbagai komunitas di Auckland, Selandia Baru, Kamis malam.

"Apresiasi setinggi-tingginya kepada saudara sekalian yang telah menggunakan hak suaranya. Hal ini adalah bentuk kontribusi dan kepedulian untuk memajukan kehidupan berbangsa dan bernegara," kata Wapres saat membuka sambutan.

Dalam kesempatan itu, Wapres mengatakan bahwa pemilu pada tanggal 14 Februari 2024 berlangsung aman, tertib, dan lancar.

Menurut Ma'ruf, mata dunia telah tertuju pada pemilu di Indonesia karena merupakan salah satu yang terbesar di dunia, melibatkan lebih dari 200 juta pemilih dalam negeri dan diperkirakan diikuti 1,5 juta warga negara Indonesia di luar negeri.

"Ini jumlahnya besar, di bukit-bukit, ngarai-ngarai, sampai sungai-sungai. Sampai petugas pemilu kelelahan karena tidak ada kendaraan, mereka jalan kaki. Di Selandia Baru penduduknya cuma 5 juta orang. Mereka heran bagaimana mengatur 200 juta di daerah. Alhamdulillah, kita bisa," kata Wapres.

Ma'ruf merasa senang dapat berkunjung dan bersilaturahmi dengan masyarakat Indonesia di Auckland dan Wellington.

"Mari kita tunggu hasil akhir penghitungan suara resmi dari KPU. Saya berharap pemimpin terpilih nanti akan dapat membawa Indonesia makin baik," ujarnya.

Jumlah pemilih Pemilu 2024 di luar negeri yang tersebar di 128 negara perwakilan terdiri atas 751.260 laki-laki dan 999.214 perempuan. Dengan demikian, total pemilih pada Pemilu 2024 di luar negeri sebanyak 1.750.474 orang.

Baca juga: RI-Selandia Baru bidik peluang ekspor produk hewani dan rempah
Baca juga: Wapres tinjau penyembelihan sapi bersertifikasi halal di Selandia Baru

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024